Penanaman Perdana Kakao di Rosbori Distrik Windesi.

Reporter : Andrew Woria

Rosbori – Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos bersama sejumlah pimpinan OPD pada hari Rabu, 09/12/2020 melakukan kunjungan kerja di distrik Windesi. Dalam kesempatan ini, Bupati secara langsung melakukan Penanaman perdana komoditi kakao, program pengembangan kakao seluas 100 ha melalui anggaran DIPA Tugas Pembantu Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua di kabupaten Kepulauan Yapen. Kepada Bupati, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Yapen, Ir. Wahyudi Irianto melaporkan bahwa kegiatan penanaman kakao ini dilaksanakan atas dasar program pengembangan kakao 100 hektar dengan 100 ribu batang pada lokasi di 4 kampung, antara lain, Doreimanona seluas 10 hektar dengan melibatkan 10 kk, Roswari Artanen 30 hektar dengan melibatkan 51 KK, Kampung Rosbori 37 hektar dengan keterlibatan 61 KK dan Aryobu 23 hektar yang melibatkan 23 KK.

Sementara itu mewakili Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua, Kabid. perkebunan, Karel Yarangga menjelaskan bahwa program ini adalah bagian dari program pengembangan komoditi unggulan nasional yang termuat dalam renja dari 16 komoditi unggulan nasional, ada 5 yang termasuk didalam nya. Tuturnya.

Kali ini bantuan pemerintah pusat melalui direktorat jenderal perkebunan dan pemerintah provinsi Papua, adalah pengembangan dan penanaman 100 hektar kakao di kabupaten Kepulauan Yapen, Yarangga berharap agar program ini harus sukses. Dalam mendukung program ini, Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua juga telah memprogramkan pemeliharaan tanaman tahun pertama pada 2021 melalui dana otsus, sehingga bibit yang sudah ada semua ditanam. Ia berharap semua bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Sementara itu Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar dalam arahannya mengatakan bahwa atas nama pemerintah kabupaten menyambut baik program yang dilakukan oleh pemerintah provinsi Papua. Dirinya juga berterima kasih dengan masyarakat dari 4 kampung yang terlibat. Menurutnya ada perhatian luar biasa dari pemerintah pusat dan provinsi, serta mengajak kelompok tani yang ada untuk terus memperhatikan kepentingan masyarakat setempat, sehingga bisa menambah penghasilan dan menunjang kegiatan ekonomi warga.

“Mari serius dan benar benar melaksanakan tanaman kakao dengan sungguh-sungguh, karena ini 2 tahun lagi menghasilkan”

Ditambahkan Tonny bahwa selama membangun jalan ini, di kepemimpinan TOFAN melihat bahwa infrastruktur jalan harus segera dilaksanakan sampai selesai karena ini bisa membuka akses bagi warga, Ia mengajak agar warga bisa memanfaatkan program ini, dirinya minta agar ada perhatian dan pendampingan oleh dinas terkait, Ia berharap agar warga juga harus bisa kembangkan pangan lokal.

Selain itu usai melakukan penanaman perdana, Bupati berkesempatan mendengar secara langsung sejumlah aspirasi dari para kepala kampung. Dalam kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Ketua DPRD Kepulauan Yapen beserta Ketua TP PKK Kabupaten Kepulauan Yapen, Sekretaris Daerah, Ir. Alexander Nussy, MM, Asisten 3 Sekda, Erny R. Tania, Kepala Distrik Windesi, Hegel Yawandare, serta warga masyarakat.

(Foto dan Video : Muhammad Vijay Polanunu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *