Penyerahan ijazah alumni AKN Serui angkatan IV dan V, Bupati Kepulauan Yapen berharap dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Reporter : C.R.I

Serui – Bertempat di gedung Silas Papare Serui, puluhan alumni mahasiswa Akademi Komunitas Negeri Serui yang merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen dengan Institut Pertanian Bogor, pada hari ini menerima secara resmi ijazah kelulusan. Dimana ijazah kelulusan tersebut diserahkan langsung secara simbolis kepada 6 (enam) orang mahasiswa perwakilan masing-masing prodi dari dua angkatan yaitu angkatan IV dan V, yang diserahkan langsung oleh Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar. S.Sos.

Selepas penyerahan ijazah, dalam sambutannya Bupati Tonny Tesar menyampaikan atas nama pemerintah daerah dan seluruh jajaran, ia mengucapkan selamat kepada mahasiswa angkatan IV (empat) dan V (lima) atas keberhasilan yang telah diraih bersama angkatan I, II, dan III dalam menyelesaikan pendidikan di AKN Serui. Bupati juga menyampaikan bahwa untuk diketahui AKN Serui yang merupakan hasil kerjasama Pemkab. Kepulauan Yapen dan IPB Bogor ini hanya sampai 5 angkatan saja dan kelima angkatan tersebut telah sukses untuk menyesaikan pendidikannya.

Bupati Tonny Tesar juga menyampaikan permohonan maaf kepada para alumni mahasiswa, dimana ia mengakui bahwa khusus untuk angkatan IV dan V mengalami keterlambatan penerimaan ijazah, dimana hal ini disebabkan momen pergantian rektor IPB sehingga terjadi permasalahan administrasi dan tanggungjawab, yang pada akhirnya harus diselesaikan melalui proses yang panjang hingga ke tingkat kementrian Dikti.

Ia juga menyampaikan bahwa ijazah ini merupakan sebuah simbol keberhasilan, akan tetapi sesungguhnya ijazah ini bukan lah sebuah tujuan, namun yang diharapkan adalah alumni mahasiswa ini bisa mendapatkan pengetahuan, hal ini dipandang penting olehnya sebab pendidikan yang dilakukan pada AKN Serui ini merupakan pendidikan untuk mendapatkan ketrampilan (skill) untuk dapat mandiri dalam membuka lapangan pekerjaan pada bidang perikanan, bidang pertanian dan perkebunan, bidang IT serta bidang lainnya. Oleh Karena itu Bupati Tonny berharap kepada seluruh alumni mahasiswa AKN Serui, agar ketrampilan yang telah didapat bisa digunakan untuk mengelola sumberdaya alam dan sumber daya manusia yang ada di Kabupaten Kepulauan Yapen ini serta dapat membuka lapangan pekerjaan bagi diri sendiri dan juga bagi yang lainnya.

Terpantau turut hadir dalam acara ini Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sandi, B.Sc, S.Sos, MBA, Sekda Kabupaten Kepulauan Yapen, Ir. Alexander Nussy, MM, Asisten III Sekda Kabupaten Kepulauan Yapen, Erny Tania, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Yapen, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Yapen, Kasatpol PP Kabupaten Kepulauan Yapen, Dosen AKN Serui dan para alumni AKN Serui angkatan IV dan V.

(foto dan video : Robby Mesak dan VJ Polanunu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *