UPT PPMHP Provinsi Papua uji mutu hasil perikanan di Kab. Kep. Yapen, ini hasilnya.

Reporter : C.R.I

Serui – Bertempat di kantor dinas Perikanan Kepulauan Yapen pada jumat, 20 Novermber 2020, Unit Pelaksanaan Teknis Pembinaan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan (UPT PPMHP) Provinsi Papua di Biak, melakukan uji mutu hasil perikanan di Kab. Kepulauan Yapen.

Dalam wawacaranya selepas melakukan pengujian, Drs. Abas Gante selaku Staf penguji UPT PPMHP menjelaskan bahwa kehadiran dirinya bersama Kasi. Penguji di Kabupaten Kepulauan Yapen guna memonitoring dalam rangka memastikan produk perikanan di Kepulauan Yapen dan sekitarnya aman dari pemakaian bahan-bahan yang berbahaya, salah satunya formalin.

Drs. Abas Gante mejelaskan bahwa hari ini pihaknya dibantu dengan Dinas Perikanan Kab. Kep. Yapen telah mengambil 11 sampel yang terdiri dari ikan mentah dan olahan ikan (Ikan Asin) dari beberapa tempat, yaitu dari beberapa rumah makan di Serui dan Pasar Aroro Iroro, Serui yang diketahui juga ikan-ikan tersebut bukan hanya hasil dari wilayah Kab. Kepulauan Yapen saja tapi juga sebagian dari Waropen dan Sorong. Setelah dilakukan pengujian, diketahui bahwa dari 11 sampel tersebut, semuanya menunjukan hasil negatif, sehingga dirinya menyimpulkan bahwa berdasarkan hasil uji mutu produk ikan di Kepulauan Yapen untuk saat ini aman untuk di konsumsi. Ia juga berpesan agar kewaspadaan di Kepulauan Yapen perlu dijaga terkait masuknya produk ikan dari luar Kepulauan Yapen.

Staf Penguji UPT PPMHP ini juga berharap kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini dinas perikanan Kab. Kepulauan Yapen untuk dapat memiliki peratan uji mutu sendiri, agar setiap saat dapat terus memonitoring masuknya produk ikan dari luar Kab. Kepulauan Yapen, hal ini dipandangnya cukup penting sebab UPT PPMHP Provinsi Papua terbatas biaya dalam rangka memonitoring, tutupnya.

Mewakili Dinas Perikanan Kab. Kepulauan Yapen, Yozef Numberi selaku Kasi. Bidang Penangkapan menyampaikan terimakasih kepada UPT PPMHP Provinsi Papua yang boleh datang ke Kab. Kep. Yapen guna mengambil sampel dan melakukan uji mutu hasil perikanan. Sementara terkait alat uji yang diharapkan dapat dimiliki oleh Pemda, Yozef menyampaikan bahwa hal tersebut akan diteruskan kepada kepala Dinas Perikanan Kepulauan Yapen sebagai laporan atas kegiatan pegujian hasil perikanan pada hari ini.

(foto dan video : VJ Polanunu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *