Operasi Aman Nusa 2, ada 300 Liter Bobo dimusnahkan

Reporter : Andrew Woria

Serui – Polres Kepulauan Yapen kembali melakukan pemusnahan barang bukti minuman lokal hasil operasi Aman Nusa 2 pada hari Kamis 19 November 2020. Proses pemusnahan ini berlangsung di depan Mapolres Kepulauan Yapen yang dihadiri langsung oleh Kapolres Kepulauan Yapen AKBP. Abdullah Wakhid P. Utomo beserta Forkompinda. Dalam kesempatan nya, Ketua KNPI Kabupaten Kepulauan Yapen, Mikha Runaweri menyampaikan amanat nya dimana ia menyampaikan bahwa penyitaan serta pemusnahan Minuman Lokal Berakhol jenis Bobo ini adalah sebagai bentuk wujud penyelamatkan masyarakat secara khusus generasi muda di Kabupaten Kepulauan Yapen, tetapi juga dalam rangka menciptakan situasi dan kondisi Kabupaten Kepulauan Yapen kondusif aman bagi masyarakat. ia pun memberikan apresiasi kepada jajaran polres kepulauan yapen. Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Dewan Adat Yapen, Ones Wayoi yang turut hadir menyaksikan pemusnahan minuman Bobo, Ones mengajak agar masyarakat harus.

Kembali untuk mengangkat nilai adat di Kabupaten Kepulauan Yapen, bagaimana menggunakan minuman bobo yang adalah minuman lokal yang dalam filosofi adat merupakan alat Kakesi yang disuguhkan pada waktu pelaksanaan pesta pesta adat, tetapi juga dalam pertemuan-pertemuan tua tua adat dalam membahas atau membicarakan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat tuturnya.

“Pada kesempatan ini saya mau sampaikan kepada seluruh masyarakat ada Mari kita kembali untuk mengangkat nilai kita di Kabupaten Kepulauan Yapen bagaimana menggunakan minuman bobo yang minuman lokal yang dalam filosofi adat merupakan alat Kakesi yang disuguhkan pada waktu pelaksanaan pesta pesta adat. “

Ditambah Wayoi bahwa minuman bobo tidak bisa dikonsumsi lebih dari pada batas-batas normal,  karena sangat merusak Citra jati diri harkat dan identitas seorang manusia sebagai utusan Allah, tetapi juga sebagai anak-anak adat dengan demikian pada kesempatan ini tidak hanya minuman ini tidak dijadikan bahan konsumsi untuk merusak harkat dan martabat tapi juga intelektual dari anak-anak generasi muda sehingga generasi muda bisa terus dituntun menjadi harapkan bagi masyarakat. Ia pun berterima kasih kepada Jajaran Polres kepulauan Yapen.

Dalam kegiatan ini, melibatkan pemerintah daerah yang diwakili oleh Asisten 1 Setda Bidang Pemerintah, Portunatus Numberi, Ketua KNPI Kabupaten Kepulauan Yapen, Mikha Runaweri, Ketua Pengadilan Negeri Serui, Daniel Masang, S.H, M.H,  Ketua Dewan Adat Yapen, Ones Wayoi, serta sejumlah Perwira. Dari ketarangan yang diliput sebanyak 300 liter minuman lokal bobo ini disita sejak Juli 2020 dalam Operasi Aman Nusa 2.

(foto dan video : Robby Mesak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *