Jumlah kasus covid-19 di Kep Yapen terus meningkat, Bupati ingatkan untuk lebih waspada terhadap siapapun yang dijumpai.

Reporter : C.R.I

Serui – Bertempat di halaman setda kabupaten Kepulauan Yapen, kembali Pemkab Kepulauan Yapen melaksanakan Apel akhir minggu yang di laksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, pada Jumat, 25 September 2020.

Ditengah meningkatnya jumlah kasus covid-19 di seluruh Indonesia tak terkecuali di Kepulauan Yapen, dalam arahanya Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar menyampaikan bahwa jumlah yang terpapar covid-19 di Kepulauan Yapen saat ini terus bertambah dimana dirinya melaporkan bahwa per hari kamis, 24 september 2020 diketahui jumlah yang terpapar covid-19 di Kepulauan Yapen adalah 103 orang, namun tadi malam dirinya mendapatkan informasi terakhir bahwa masih ada 10 lagi, sehingga jika ditambah dengan hari ini hingga pemeriksaan selesai angka tersebut akan terus bertambah.

Atas kejadian tersebut Bupati mengajak para ASN untuk bergotongroyong mencegah penyebaran virus covid-19 ini, karena hingga saat ini belum ada antivirusnya yang secara langsung bisa menyembuhkan pasien yang terjangkit virus ini, yang ada hanya obat untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas tubuh, untuk itu cara terbaik agar terhindar dari covid-19 ini adalah dengan disiplin melakukan protokol kesehatan dengan benar, dengan memakai masker, sesering mungkin cuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir dan jaga jarak minimal 1,5 meter setiap bertemu dengan orang yang dikenal maupun dengan orang yang tidak kita kenal, Bupati Tonny juga mengatakan bahwa hal tersebut perlu dingatkan kembali karena sering terjadinya kelalaian, sebab perlu diketahui bahwa saat ini penyebaran covid-19 sudah ada di klaster rumah tangga, klaster perkantoran, klaster pesta, klaster dan tempat olahraga serta banyak klaster lainnya sudah terjadi, sehingga siapapun yang kita jumpai, harus kita anggap sebagai OTG (Orang Tanpa Gejala).

“Dan yang ketiga jaga jarak minimal 1,5 meter setiap kita ketemu dengan orang yang kita kenal maupun tidak kenal karena saat ini virus ini sudah ada di rumah kita, sudah ada di keluarga kita, sudah terjadi klaster perkantoran, klaster rumah tangga, klaster pesta, dll sudah terjadi, jadi siapapun yang kita jumpai harus kita berpikiran bahwa orang tersebut adalah OTG (orang tanpa gejala) siapapun dia, dalam diri kita harus menganggap bahwa orang yang kita ketemu bicara itu OTG sehingga jaga jarak itu penting”.

Bupati juga menegaskan bahwa protokol kesehatan saat pandemi covid-19 ini adalah Harga Mati yang harus dilaksanakan, oleh sebab itu dirinya meminta kepada seluruh ASN untuk bisa melaksanakan protokol kesehatan ini serta berharap hal tersebut diteruskan juga kepada orang-orang disekeliling seperti keluarga, tetangga, hal tersebut dipandang penting agar kita semua selamat melalui pandemi virus covid-19 ini.

Dalam arahanya Bupati juga melaporkan bahwa kemarin telah dilakukan rapid test massal di Pasar Aroro Iroro Serui dan dirinya juga telah meminta kepada pejabat sekda agar dilakukan juga rapid test untuk seluruh ASN di lingkup pemerintahan Kabupaten Kepulauan Yapen pada hari ini.

Apel pada hari ini dihadiri juga oleh Wakil Bupati Kepulauan Yapen, plh. Sekda Kab. Kep. Yapen Asisten Administrasi Umum, para asisten sekda, kepala-kepala OPD dan ASN di lingkup Setda Kab. Kep. Yapen.

(foto dan video : Robby Mesak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *