74 Reaktif, Ini dia Langkah yang akan diambil oleh Bupati Kepulauan Yapen.

Reporter : Andrew Woria

Serui – Jumlah kasus covid di kabupaten Kepulauan Yapen terus meningkat. Hal ini mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Yapen.

Bupati Tonny mengatakan bahwa hal inilah yang membuatnya bersama satgas covid 19 kabupaten Kepulauan Yapen, melakukan tracking di tempat-tempat umum. Salah satunya di pasar Aroro Iroro Serui. Dari total rapid test yaitu 417 orang, ditemukan sebanyak 74 orang reaktif. Nanti direncanakan 74 orang ini akan dilakukan pemantauan dan ada yang langsung di tindaklanjuti Karena pertimbangan atau perlu untuk di swab di laboratorium RSUD Serui. Sementara yang lainnya akan dipantau selama 7 hari ke depan melalui tenaga-tenaga kesehatan yang ada dan dilakukan rapid test kembali. Jika masih ditemukan reaktif kembali, maka akan di swab ujarnya.

Bupati menjelaskan bahwa pemeriksaan TCM di RSUD Serui kini bisa di gunakan secara maksimal, karena 4 modul telah di fungsikan kembali. Dengan perbaikan alat ini maka Bupati yakin bahwa pemeriksaan swab bisa lebih cepat dilakukan kembali. Dirinya juga mengatakan bahwa ia prihatin karena dari 103 orang yang positif saat ini, banyak yang terpapar adalah tenaga kesehatan, bahkan dokter pun juga ada ujarnya.

Menurut Bupati jika semakin banyak masyarakat yang terpapar, maka kedepannya Pemerintah daerah akan mendisiplinkan protokol kesehatan. Namun tak dipungkiri bahwa akan direncanakan untuk melakukan pembatasan kegiatan ekonomi kembali jika diperlukan untuk bisa mencegah dan menertibkan kan penyebaran virus Corona.

(Foto : Robby Mesak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *