20 Orang Siswa SMK Negeri Kelautan Ansus ikut Prakerin pada Dinas Perikanan Kepulauan Yapen.

Reporter : Andrew Woria

Serui – Dinas Perikanan Kepulauan Yapen pada Senin, 14 /09/2020 melakukan penerimaan Siswa Prakerin atau Praktek Kerja Industri dari SMK Negeri Kelautan Ansus. Kepala Dinas Perikanan, Daniel Reba kepada Humas menjelaskan bahwa Siswa praktek kerja industri dari SMK Negeri Kelautan Ansus akan di nilai selama 2 bulan di Dinas Perikanan. para siswa ini akan di bimbing serta dibantu dari Bidang Tangkap dan Budidaya yang pada akhir praktek akan diberikan laporan kepada pihak sekolah. Walaupun Dengan Keterbatasan Fasilitas yang dimiliki oleh dinas, diharapkan tidak mengurangi semangat belajar dari para peserta Prakerin tersebut.

Daniel menambahkan bahwa saat ini kabupaten kepulauan yapen menghadapi bahaya covid 19 yang terus melonjak sehingga tidak bisa lagi dianggap remeh. sehingga para peserta praktek kerja industri ini, harus tetap menerapkan protokol kesehatan seperti dengan menggunakan masker dan jaga jarak.

sementara itu, Kepala Sekolah SMK Negeri Kelautan Ansus, Feriton Iyai Maai menjelaskan bahwa prakerin ini dilaksanakan berdasarkan kurikulum berbasis industri, serta wajib dilaksanakan oleh satuan pendidikan secara khusus SMK. Prakerin bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa sesuai dengan bidang keahlian masing masing. ada 20 orang siswa SMK Negeri Kelautan Ansus yang akan menempuh Praktek Kerja Industri pada dinas perikanan selama 2 bulan nanti nya. 9 orang diantaranya merupakan bidang Nautika Kapal Penangkap Ikan dan Agribisnis perikanan air payau dan laut sebanyak 11 orang. selaku kepala sekolah, ia berharap agar anak anak didiknya ini bisa mendapat bimbingan dari dinas sesuai dengan bidang keahlian masing masing. para siswa ini akan mendapat bimbingan dari dinas serta pendamping dari sekolah. selain itu prakerin juga merupakan salah satu syarat untuk menempuh ujian nasional.

(Foto : SMK Negeri Kelautan Ansus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *