Pertemuan Forum Kepala Daerah Tabi Saireri, ini sejumlah Agenda yang dibahas.

Reporter : Andrew Woria

Serui – Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, didampingi Wakil Bupati, Frans Sanadi, Ketua DPRD Kepulauan Yapen, Yohanes Raubaba, Sekda Ir. Alexander Nussy, MM, Para Asisten Setda serta Pimpinan OPD mengikuti Rapat daring Melalui Vidcon yang berlangsung di Rujab (Rumah Jabatan) Bupati Kepulauan Yapen. Dalam pengantar yang disampaikan oleh Ketua Forum Kepala Daerah Tabi Saireri, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw menjelaskan bahwa Vidcon ini merupakan tindak lanjut kesepakan pertemuan Tabi Saireri, soal nota kesepahaman, sk tim, serta penganggaran dari forum Tabi Saireri.

Rapat Vidcon ini melibatkan tim dob Tabi di Jayapura, antara lain dari Kabupaten Jayapura, Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Keerom, Kabupaten Supiori, Kabupaten Mamberamo Raya serta Kota Jayapura. Pertemuan ini akan membahas sejumlah agenda pengembangan kawasan teluk, baik mulai menyiapkan beberapa dokumen serta hal-hal lain yang perlu disiapkan oleh masing-masing wilayah, dengan karakteristik agar bisa mendukung untuk percepatan pembangunan. Karena itu pertemuan hari ini, bisa di bicarakan agar komunikasi ini bisa lebih cepat lagi, ujar Mathius.

“Hal ini untuk menunjukan kepada pemerintah pusat, bahwa daerah memang sepakat dan dukungan daerah jelas, tujuannya adalah bagaimana kawasan ini bisa dipercepat, untuk kesejahteraan masyarakat dengan sumber daya alam yang dimilikinya. Dob itu sudah pasti dan pemerintah pusat sedang mempersiapkan itu, Papua Selatan harus jalan, lalu Papua Tengah sehingga harus ada alternatif untuk melihat Papua ke depan, dijelaskannya bahwa Papua Selatan sudah 19 tahun berjuang, hal yang sama juga dengan Papua Tengah, karena aspirasi ini bukan baru, sehingga waktu sekarang kita hanya melihat momentum, sehingga waktu saat ini bisa kita dorong, sehingga regulasinya bisa jelas untuk DOB. ” ujar Mathius Awoitauw.

Menurut Ketua Forum Bupati Tabi Saireri tersebut bahwa hal ini bukan sesuatu yang harus di tunda lagi, dalam waktu dekat harus sudah bisa berjumpa dengan beliau (Gubernur) untuk menyampaikan kondisi saat ini, pada saat undang-undang 21 ini akan direvisi. Kalau poin pemekaran ini bisa terakomodir dalam UU 21 ini, maka lebih mudah kita mendorong pemekaran di Tabi Saireri. Tentang revisi UU 21 , ia mengusulkan secara khusus di Tabi Saireri, untuk dibuat agenda evaluasi sendiri.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar menjelaskan bahwa semangat ini menjadi komitmen bagi Bupati dikawasan Saireri, yaitu ingin membangun wilayah ini dengan karakter masyarakat yang sama, sehingga akan lebih cepat untuk proses pembangunannya. Ia juga merespon yang telah disampaikan oleh ketua tim Tabi Saireri tentang dukungan finansial, jika sudah dibentuk SK bersama, maka dapat dibuatkan Nota Hibah untuk diserahkan ke Tim, sehingga bisa dipertanggung jawabkan secara akuntabel.

(Foto : Andrew Woria)

Leave a Reply