Tmmd ke-108 Tahun Anggaran 2020 resmi ditutup.

Reporter : Andrew Woria

Serui – Program TNI Manunggal membangun desa atau TMMD ke-108 tahun anggaran 2020 di Kabupaten Kepulauan Yapen, secara resmi telah ditutup yang berlangsung di Kodim 1709/Yawa.

Penutupan kegiatan TMMD ke-108 ini dihadiri secara langsung oleh Danrem 173/PVB Brigjen TNI Iwan Setiawan, Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, Sekretaris Daerah, Ir. Alexander Nussy, MM, Asisten I setda, Portunatus Numberi, para perwira TNI serta beberapa tamu undangan lainnya.

Dalam laporan singkat yang disampaikan oleh Dandim 1709/Yawa Letkol Inf. Leon Pangaribuan menjelaskan bahwa sebelumnya telah dilaksanakan pra TMMD pada tanggal 15 hingga 29 Januari 2020 lalu, sementara untuk pelaksanaan TMMD sendiri dilakukan pada tanggal 30 juni hingga 30 Juli 2020 di kampung Natabui, dengan sasaran fisik berupa pembangunan 13 unit rumah warga ukuran 7 x 8 meter, sementara sasaran non fisik pada beberapa bidang seperti bidang spritual, dilakukan penyuluhan keagamaan, bidang pemberdayaan masyarakat berupa penyuluhan KB, penyuluhan kesehatan, pengobatan massal, penyuluhan pertanian, penyuluhan administrasi kampung, penyuluhan kehutanan, penyuluhan bencana alam, yang dilaksanakan dengan menggandeng dinas OPD teknis terkait. Pada bidang Kesadaran Membangun Negara dilakukan pameran pembangunan TMMD, pada bidang Kesadaran Bela Negara dilakukan penanaman atau penghijauan, pelatihan pembinaan olahraga dan latihan siskamling.

Sementara dalam administrasi di kerahkan personel pada TMMD ke-108 untuk tahun anggaran 2020, diorganisasikan dalam satuan tugas setingkat kompi dengan kekuatan 150 orang, untuk keterlibatan masyarakat secara langsung setiap harinya bisa mencapai 50 hingga 75 orang.

Dalam Amanat Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab yang dibacakan oleh Danrem 173/PVB Brigjen TNI Iwan Setiawan mengatakan bahwa, program TMMD ini sangat dibutuhkan untuk membangun dan memperkokoh jiwa, serta semangat nasionalisme masyarakat, sehingga dapat menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa.

Selain itu program TMMD dapat dipandang sebagai salah satu upaya pemerintah melalui TNI, untuk membangun dan memperkuat ketahanan masyarakat. Dirinya pun juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh prajurit yang terlibat dalam program TMMD ke-108 Tahun Anggaran 2020 ini, serta menutup program TMMD ke-108 secara resmi.

Usai menutup kegiatan TMMD, rombongan Danrem bersama Bupati menuju ke Kampung Natabui serta ditemani komunitas Serui Motor Xtrem untuk melihat kondisi real pembangunan fisik. Dan setelah itu, dari natabui rombongan bertolak menuju ke pulau batu, Kepulauan Ambai untuk rekreasi.

(foto dan video : C.R.I & Robby Mesak)

Leave a Reply