Bupati bersama Muspida Kepulauan Yapen, Lepas Ratusan Tukik/ anak Penyu di Pantai Lori.

Reporter : Andrew Woria

Raimbawi – Dalam rangka kunjungan kerja Bupati di distrik Raimbawi, ia berkesempatan untuk melepaskan ratusan ekor anak penyu di dua lokasi yaitu yang pertama di pantai Woda dan kedua di pantai Lori.

Di pantai Woda ada sebanyak 72 ekor penyu yang dilepaskan ke laut sementara di pantai Lori, Bupati bersama Muspida melepas anak penyu sebanyak 233 ekor.

Tukik atau anak penyu ini dikembangbiakkan oleh kelompok peduli lingkungan Mindewani Coba. Kelompok ini baru berdiri sejak 2019, serta beranggotakan sebanyak 23 orang, yang tergabung dari Pemuda dan Pemudi di kampung Sawandui Paparu distrik Raimbawi, yang berorientasi terhadap burung cenderawasih, penyu, serta lingkungan. Dalam kesempatan wawancara, Bupati, Tonny Tesar mengatakan bahwa pelepasan anak penyu atau tukik ini adalah salah satu bentuk upaya dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup yang jatuh pada bulan lalu, namun tidak mengurangi semangat yang ada. Bupati tahun ini menjelaskan bahwa di daerah utara bagian timur pulau Yapen ini, memiliki potensi satwa alam yang masih terjaga seperti habitat burung Cendrawasih di sebelah Kampung Barawai, dan Sawandui. Menurutnya kelompok yang sama ini juga, melaksanakan pelestarian terhadap burung Cenderawasih yang ada di Kepulauan Yapen.

” Oleh karena itu pada hari ini dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup, kami pemerintah daerah memberikan dukungan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada kelompok masyarakat peduli lingkungan, yang mau melestarikan burung Cendrawasih dan juga penyu”. ungkapnya.

Selain melepaskan Tukik atau anak penyu, Bupati bersama rombongan Muspida ini juga melakukan penanaman pohon cemara dan pohon ketapang di pesisir pantai Lori, yang digagas oleh kelompok masyarakat peduli lingkungan Mindewani Coba. Menurut Bupati Tonny Tesar, penanaman pohon ini merupakan bagian menjaga lingkungan dari abrasi pantai di daerah sebelah utara bagian timur pulau Yapen. Dirinya juga menambahkan bahwa pemerintah daerah akan terus memberikan dukungan, serta bantuan kepada kelompok masyarakat peduli lingkungan ini, tuturnya.

(Foto dan video : C.R.I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *