Kadin Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Yapen, sambut 5 orang lulusan ADEM.

Reporter : Andrew Woria

Tindaret – 5 Orang Siswa Lulusan ADEM atau afirmasi pendidikan menengah yang melaksanakan pendidikan di Bandung, Jawa Barat tiba di Serui dan disambut langsung oleh kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Yapen, Saskar Paiderouw.

Ketika dikonfirmasi oleh Humas, dirinya membenarkan hal ini. Dijelaskannya bahwa sejak 22 juni 2020, 5 orang pelajar lulusan ADEM ini telah tiba dari Jakarta di Biak Numfor dan menuju ke Serui, lewat Pantai Utara Pulau Yapen dengan melaksanakan protokol kesehatan covid-19. Saskar menambahkan bahwa sebelumnya ia telah melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen, Karolis Tanawani untuk dilakukan pengecekan awal atau skrining.

Selain itu, walau ke lima orang anak ini telah mengantongi dokumen kesehatan yang lengkap mulai dari hasil rapid test hingga pemeriksaan Swab, namun mereka wajib mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh gugus tugas penanganan percepatan pencegahan covid-19 Kabupaten Kepulauan Yapen ujarnya. Jika karena terpaksa harus melakukan karantina mandiri, maka dirinya meminta kepada 5 orang anak ini, untuk dapat mengikuti protokol kesehatan dengan melakukan karantina mandiri.

Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM), merupakan salah satu upaya pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dalam hal pemerataan kualitas pendidikan khususnya bagi anak-anak Papua dan Papua Barat terbaik, serta daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) lainnya. Mereka disiapkan agar memiliki kemampuan belajar yang setara dengan sebagian besar anak-anak di pulau Jawa dan Bali.

Ke depan, diharapkan mereka memiliki kemampuan dan kompetensi untuk membangun negeri terutama daerah mereka sendiri.

(Foto : Robby Mesak)

Leave a Reply