Pemkab. Yapen salurkan bantuan sembako kepada ratusan pemuka Agama.

Reporter : Andrew Woria

Serui – Bertempat di depan Kantor Bupati Kepulauan Yapen, pada rabu, 10 Juni 2020, Pemerintah Kab. Kepulauan Yapen selenggarakan pembagian 100 paket bantuan sembako kepada pemuka Agama di wilayah distrik Yapen Selatan dan distrik Anotaurei.

Pemberian Bantuan ini sebagai bentuk kepedulian Pemkab. kepada para pemuka Agama, yang diketahui juga merupakan bagian penting dari elemen masyarakat yang terkena dampak dari pembatasan sosial, demi pencegahan covid-19 di Kepulauan Yapen.

Sebelum melakukan pembagian sembako, Wabup bersama Forkompimda yaitu Kapolres dan Dandim, tidak henti-hentinya memberikan sosialisasi terkait bagaimana menjalani tatanan kehidupan baru dalam konteks tata cara peribadatan yang sesuai protokol kesehatan.

Pembukaan acara pembagian bantuan ini, dilakukan oleh Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi bersama Forkopimda serta Sekda dan juga Asisten III Setda secara simbolis kepada beberapa pemuka Agama.

Dalam kesempatan wawancaranya Wabup Frans menjelaskan bahwa pembagian sembako ini, diberikan kepada para hamba Tuhan, Ustad dan pemimpin-pemimpin Gereja yang ada di kota Serui dan sekitarnya.

“Kita harapkan agar kita dapat membagi ke semua, sudah kita siapkan dan kemarin juga di Dawai, Distrik Yapen Timur sudah kita bagi, sekitar 21 paket kepada hamba Tuhan, pimpinan gereja maupun masjid,” ungkapnya.

Wakil Bupati, Frans juga menjelaskan, bahwa apa yang diberikan ini jangan dipandang dari nilainya, akan tetapi ini merupakan wujud kepedulian dan kebersamaan dalam kehidupan menghadapi pandemi corona yang menghadang kita di Kepulauan Yapen.

Pemberian bantuan ini mendapat tanggapan baik dari beberapa para pemuka Agama, seperti yang diungkapkan oleh ketua klasis GKI Yapen Selatan, pdt. Resli Birahi yang mengatakan bahwa ia memberikan apresiasi mewakili seluruh hamba-hamba Tuhan dari lintas denominasi gereja dan juga dari lintas golongan agama dalam menghadapi situasi saat ini. Selain itu Drs. H. Muchtar selaku ketua MUI Kepulauan Yapen juga menambahkan bahwa ada ungkapan syukur atas upaya pemerintah dalam membantu umat, sehingga upaya pemerintah daerah dalam mencegah masuknya covid-19 ke Kepulauan Yapen juga dapat berjalan. Dirinya menambahkan selaku wakil umat muslim di Kepulauan Yapen, sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh pemerintah daerah.

Berdasarkan data yang diterima oleh tim liputan, ada total 558 orang pemuka Agama di Kabupaten Kepulauan Yapen yang menerima bantuan kali ini.

(Foto dan video : Robby Mesak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *