Dinas Perikanan Kepulauan Yapen Bersama Nelayan di Ambai perbaiki Rumpon.

Reporter : Andrew Woria

Serui – Dinas Perikanan Kepulauan Yapen bersama kelompok nelayan di kampung Ambai I, serta beberapa kampung di sekitaran distrik Kepulauan Ambai melakukan perbaikan bersama rumpon yang dibangun secara Swadaya. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Perikanan Kepulauan Yapen, Daniel Reba pada hari sabtu, 06/06/2020 beberapa waktu lalu.

Kehadiran Dinas Perikanan bersama kelompok nelayan di kampung Ambai satu ini, diharapkan dapat memberikan dorongan semangat dan motivasi untuk lebih semangat lagi melaut. Kepala Dinas Perikanan Kepulauan Yapen, Daniel Reba menjelaskan bahwa dengan adanya rumpon ini, dapat membantu nelayan di sekitar Kepulauan Ambai, sehingga para nelayan ini tidak perlu susah atau keluar jauh untuk mencari ikan, karena rumpon tersebut merupakan rumah bagi ikan tuturnya.

Sejak seminggu yang lalu, sudah ada 5 rumpon yang juga telah diperbaiki oleh nelayan bersama-sama dengan Dinas Perikanan Kepulauan Yapen di seputaran selat Arpompi. Sementara pada sabtu kemarin di lokasi Pulau Batu, bersama nelayan mereka menambah 3 rumpon lagi ungkapnya.

Daniel mengatakan bahwa untuk nelayan di Kepulauan Ambai belum terdata secara baik, sehingga belum memiliki kartu nelayan. Pihaknya akan bekerjasama dengan penyuluh perikanan untuk mendata nelayan, sehingga dapat memiliki kartu kusuka dan asuransi nelayan sebagai jaminan bagi para nelayan ketika melaut.

Menurut Daniel, pihaknya sendiri, sudah terus mendorong sinkronisasi bersama Dinas Koperasi untuk membentuk Koperasi nelayan agar dapat mengatur manajemen dan sementara dari Dinas Perikanan akan mendampingi para nelayan dari sisi produksi dalam rangka membantu nelayan.

(Foto dan video : Robby Mesak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *