Untuk memastikan kelancaran penyaluran BLK, Pemkab. mengadakan rapat dengan pemilik toko dan kios.

Reporter : VJ Polanunu

Serui – Menindak lanjuti hasil rapat pada hari Sabtu, 06 Juni 2020, Asisten III Setda bersama Kepala Inspektorat, Kepala Badan Keuangan Daerah, para Kepala distrik dan Lurah di wilayah Kab. Kepulauan Yapen, kembali melakukan rapat bersama dengan para pemilik toko/kios, yang bersedia untuk menyiapkan paket sembako yang akan di serahkan kepada 4.232 Kepala Keluarga calon penerima Bantuan Langsung Kabupaten (BLK). Bertempat di gedung Silas Papare Serui. (Minggu, 07/06/2020).

Asisten lll Setda, Erny R. Tania menjelaskan bahwa dalam rangka penanganan dampak dari pandemi virus covid-19 yang terjadi saat ini, untuk diketahui bersama bahwa ada bantuan langsung yang di berikan kepada masyarakat kampung dari Dana Desa dan khusus untuk masyarakat dari 5 kelurahan dari 3 Distrik di Kab. Kepulauan Yapen ini, ada kebijakan dari pemerintah daerah untuk memberikan bantuan yang di sebut Bantuan Langsung Kabupaten (BLK). Menurut Erny Tania bantuan tersebut akan di terima oleh masing – masing Kepala Keluarga senilai Rp 1.000.000 ( Satu Juta Rupiah ) dengan rincian masing – masing Kepala Keluarga akan menerima Rp 600.000 ( Enam Ratus Ribu Rupiah ) dalam bentuk Uang Tunai dan Sembako Seharga Rp 400.000 ( Empat Ratus Ribu Rupiah ) dan dengan adanya kebijakan dari Pimpinan, maka untuk penyaluran bantuan dalam bentuk barang, pemda mengambil langkah bekerjasama dengan beberapa pemilik toko/kios, hal ini dilakukan karena mereka juga terkena dampak pandemi virus covid-19 akibat diberlakukannya pembatasan waktu – waktu berjualan. Erny awalnya berharap ada 141 toko/kios yang sudah di daftar untuk menjadi penyedia Paket sembako yang akan di bagikan kepada 4232 Kepala Keluarga Calon penerima Bantuan Langsung Kabupaten, Namun Saat Rapat yang hadir hanya 63 Pemilik Toko/Kios saja, sehingga kalau di bagi dengan 4232 Kepala keluarga calon penerima bantuan maka 1 Toko/kios akan menyediakan 67 Paket sembako, dan untuk hal tersebut akan di Sampaikan kembali kepada para pemilik Toko/Kios, mengigat pada kesepakatan rapat para pemilik Toko/kios di minta untuk menyediakan 70 paket sembako, karena pada saat rapat ada penambahan 1 kios lagi, yang diketahui walaupun tidak terdaftar sebagai penyalur, namun yang bersangkutan hadir mengikuti rapat tersebut.

Erny Tania menambahkan dari hasil kesepakatan dalam rapat bersama ini diputuskan dalam 1 paket sembako yang akan di terima, terdapat 5 jenis bahan yaitu Beras 20 kg, Minyak Goreng 5 Liter, Gula 3 Kg, Garam 500 gram sebanyak 3 bungkus dan Daun Teh sebanyak 2 dos, dimana jika bahan-bahan pokok tersebut di hargai total nilainya yaitu Rp. 400.000 ( Emnpat Ratus Ribu Rupiah )

“Bantuan ini di berikan kepada masing – masing Kepala Keluarga sebesar Rp. 1.000,000 ( Satu Juta Rupiah ) dan Rp. 600.000 ( Enam Ratus Ribu Rupiah ) dalam bentuk Uang Tunai dan Rp. 400.000 ( Empat Ratus Ribu Rupiah ) dalam bentuk sembako. Dari hasil kesepakatan dalam rapat ini, dimana kita sudah buka ruang mereka menyampaikan pendapat mereka dan kami sudah sepakat dari jenis bama yang akan di serahkan dengan uang ini ada 5 jenis, Yaitu beras sebanyak 20 kg, minyak goreng 5 Liter, Gula 3 kg, Garam 3 bungkus yang berukuran 500 Gram dan Daun Teh 2 kotak kecil dan semua itu jika ditotal nilainya Rp. 400.000 ( Empat Ratus Ribu Rupiah ).

Erny Tania juga berharap pada hari selasa nanti, sudah bisa di lakukan penyerahan Bantuan Langsung Kabupaten (BLK) ini, namun jika dari pihak Administrasi belum siap paling lambat akan diundur hingga ke hari rabu. Kami juga akan mengupayakan untuk besok bisa di siapkan semuanya, sehingga hari rabu nanti sudah bisa di bagikan.

Erny juga menambahkan kepada para pemilik Toko/kios yang menjadi penyedia sembako, agar besok senin, 08/06/2020 pagi untuk bisa mengantarkan Dokumen atau kelengkapan yang lainnya ke kantor BKPD, sekaligus mereka dapat melihat ke Kelurahan mana saja, yang akan mereka salurkan Paket Sembako tersebut.

(Foto dan video : VJ Polanunu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *