73 KK di Kampung Nundawipi terima BLT Desa

Reporter : Andrew Woria

Nundawipi – 73 Kepala Keluarga di Kampung Nundawipi, Distrik Yapen Selatan pada Jumat, 29/05/2020 menerima BLT (Bantuan Langsung Tunai) Desa tahun 2020. Dimana pada tahap 1 kali ini langsung diberikan sebesar Rp.1.800.000,- untuk periode bulan April, Mei dan Juni.

Kepala kampung Nundawipi, Kilion Imbiri menjelaskan bahwa 73 penerima manfaat BLT Desa ini, dialokasikan dari Dana Desa tahun 2020 untuk tahap pertama ini yang di keluarkan dari pagu dana 40%. Dana Desa tahun 2020 ini diperuntukan untuk 3 kegiatan, antara lain, BLT Dana desa, Penanganan Covid-19 tingkat kampung, serta padat karya tunai.

Sementara sejak tahun 2019, kampung Nundawipi mengalami kendala dalam pencairan dana desa, sehingga kepala kampung menjelaskan bahwa usai menyelesaikan tahap 1 Dana Desa tahun 2020, maka pihaknya akan mulai kembali melakukan pencairan 20% tahap 1 Dana desa tahun 2019, sebelum berakhir tahun 2020.

Kampung Nundawipi adalah salah satu kampung di distrik Yapen Selatan, yang terlambat mencairkan dana desa tahun sebelumnya (2019). Dirinya menambahkan bahwa pencairan tahap 1 dana desa tahun 2019 lalu, sebesar 20% akan di fokuskan kepada pemberdayaan sesuai dengan hasil musyawarah kampung. Sementara pada pencairan tahap 1 dana desa tahun 2020 sebesar 40% ini difokuskan untuk BLT, tuturnya. 73 KK ini telah dimusyawarah secara bersama, untuk menentukan nama-nama penerima dan telah diverifikasi data tersebut dengan badan musyawarah kampung.

Sementara itu, seorang ibu rumah tngga selaku warga penerima manfaat,
Aplena Mundoni mengucapkan terima kasih banyak atas kesempatan yang diberikan untuknya, kepada pemerintah pusat dalam hal ini Presiden. Ia berharap bantuan seperti ini dapat terus disalurkan.”Terima kasih banyak untuk bapak Presiden Jokowi, karena bapak bisa kasih bantuan untuk kami di Papua sini. Kami tidak ada dapat kami berikan selain hanya doa saja yang selalu kami panjatkan kepada Tuhan, supaya Tuhan berikan kekuatan dan pikiran yang baik.” ungkapnya

Kampung Nundawipi adalah kampung terakhir yang melakukan pembayaram BLT. Dengan demikian, maka distrik Yapen Selatan telah menyelesaikan penyaluran BLT (Bantuan Langsung Tunai) kepada 10 kampung di bawah wilayah pemerintahan distrik Yapen Selatan, Kabupaten Kepulauan Yapen.

Penyerahan ini berlangsung di kampung Nundawipi yang disaksikan secara langsung oleh Kepala distrik Yapen Selatan, bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas Polres Kepulauan Yapen.

(Foto dan video : Robby Mesak)

Leave a Reply