Yapha salurkan bantuan Bama bagi ODHA.

Reporter : Andrew Woria

Serui – Yayasan Yapen peduli HIV AIDS / Yapha beberapa waktu lalu menyerahkan bantuan sembako ke-10 Dampingan. Ketika dikonfirmasi kepada Penasihat Yapha, Ekha Kora menjelaskan bahwa pemberian bantuan sembako dan bahan makanan ini, diberikan menggunakan dana kas yang terdiri dari bantuan Pemda Kepulauan Yapen. Selain membelanjakan bahan makanan pihak Yapha juga menyerahkan bantuan uang yang diharapkan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan lain selain makan. Ekha mengatakan bahwa ODHA/ Orang Dengan HIV Aids sebagian besar berdomisili di kota Serui, Kainui, Kaboena, hingga Tatui. Yapha sendiri telah membantu menyuplai nutrisi kepada ODHA kurang lebih 3 tahun terakhir ini dan pihaknya bersyukur karena selama 2 tahun belakangan ini, Pemda Kepulauan Yapen menaruh perhatian kepada pihaknya dalam pendampingan bagi ODHA tuturnya.

“Jadi selain kita memberikan bahan makanan dan nutrisi bagi mereka, kita juga menjadi akses bagi mereka untuk mendapat layanan kesehatan, misalnya ada beberapa kali mereka sakit, tidak bisa ke rumah sakit karena terbentur biaya, biasanya kita jemput.” tuturnya.

Pihaknya juga membantu bagi ODHA yang mengalami kendala dalam melaksanakan terapi kesehatan. Ekha berharap Pemda dapat membantu para ODHA ditengah situasi Pandemi, mengingat pembatasan wilayah dan physical distancing yang berdampak pada ekonomi.

(Foto : Robby Mesak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *