Update Covid-19 Di Kepulauan Yapen, 2 OTG Reaktif Covid 19

Reporter : Andrew Woria

Serui – Tim Gugus Tugas Covid 19 membantah isu yang beredar ditengah masyarakat tentang 2 orang terkonfirmasi Covid 19.
Juru Bicara Covid 19 , dr. Andy Raya dalam Konfrensi Pers yang berlangsung di Posko Induk Covid Kabupaten Kepulauan Yapen menjelaskan bahwa hasil tes kepada 2 orang OTG / Orang Tanpa Gejala yang diperiksa melalui rapid test baru reaktif dan belum positif covid. 2 orang ini dilacak menggunakan manifest perjalanan dari daerah transmisi lokal dan ditemukan reaktif pada rapid tes.

“Sampai saat ini posisi perkembangan kasus covid 19 per rabu, 22/04/2020 belum ada kasus positif covid 19 di Kepulauan Yapen, tetapi perlu kita ingat bahwa kabupaten yang ada di sekitar kita telah mempunyai kasus positif seperti Kabupaten biak numfor 2 konfirmasi kasus positif , membramo tengah ada 1 Kabupaten , Jayapura sendiri ada 31 kasus konfirmasi dan bahkan di waropen ada 1 hasil reaktif dan pelaku perjalanan yang masih masuk ke wilayah kepulauan yapen.” tutur nya.

dr.Andy Raya menjelaskan bahwa perlu diketahui bersama bahwa kasus ODL, ODP, OTG dan PDP itu bukan kasus konfirmasi positif Covid 19 karena belum melakukan pemeriksaan PCR tetapi hal ini adalah skrining awal yang dilakukan. dirinya sendiri meminta agar masyarakat tidak perlu menimbulkan kecemasan tentang OTG tersebut

hingga saat ini Rabu tanggal 22 April 2020 pukul 19.00 Wit , rapid test yang sudah dilakukan sebanyak 22, di antaranya 10 dilakukan oleh dinas kesehatan dan 12 pemeriksaan dilakukan oleh RSUD Serui Dan dari hasil ke-22 pemeriksaan sampel darah yang didapatkan hasil 20 negatif dan 2 reaktif.

dijelaskan nya bahwa kasus OTG tanpa gejala saat ini ada 2 Kasus dengan hasil ada 2 reaktif. dimana yang satu telah mengalami perjalanan dari Makassar biak dan ke Serui dan yang satu lagi perjalanan dari Jayapura ke Serui. saat ini ke dua OTG tersebut telah dikarantina di Gedung Biru dibawah pengawasan Klaster Kesehatan Gugus Tugas Covid Kepulauan Yapen. sementara data per hari ini, Orang dari Luar telah mencapai 132 orang.

ketika di tanya mengenai TKBM yang masuk keatas kapal KM.Dobonsolo, dr.Andi Menjelaskan bahwa ke 51 TKBM serui yang naik keatas kapal dobonsolo akan tetap dipantau dan dimasukan kedalam kategori Orang Tanpa Gejala.

(Foto dan video : Robby Mesak & C.R.I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *