Ini hasil evaluasi tim gugus tugas pencegahan covid-19

Reporter : Andrew Woria

Serui – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kepulauan Yapen, melakukan evaluasi terkait beberapa langkah yang diambil. Evaluasi ini dipimpin oleh Dandim 1709 Yawa, Letkol Inf. Leon Pangaribuan yang juga membahas beberapa hal penting antara lain, membahas pendirian posko lapangan, mensosialisasikan kebijakan Pemda yang dilaksanakan secara persuasive, sampai dengan minggu, 29/03/2020 dan dilaksanakan TMT 30/03/2020.

Evaluasi juga membahas agar stakholder proaktif memantau situasi lewat grup dan terkait kedisiplinan ketertiban di posko. Selain itu rapat membahas soal kenaikan harga sembako dan diharapkan agar Pemda serta kepolisian dapat menindak tegas dan APD.

 “Permasalahan timbul karena orang-orang tidak serius dalam menjalani perannya, terkait masalah harga pangan, saya rasa tantangan berat bagi Perindag, sehingga Perindag harus melakukan rapat-rapat kecil untuk menyelesaikannya” ungkapnya.

Wakil Bupati menjelaskan bahwa, dirinya berharap agar tidak ada kasus yang masuk ke wilayah Kepulauan Yapen pasca pengawasan pada pintu – pintu masuk, baik laut maupun udara. Selain itu terkait harga bahan pokok, menurutnya akan segera di tindak lanjut oleh Pemda dan satgas pangan.

“Saya sudah menghubungi kadistrik yapen timur via telpon, untuk PT. SWPI siang ini, sudah rapat dan membentuk tim pencegahan yang akan mengawasi masuknya orang-orang dari luar ke Yapen Timur, saya juga bilang ke kepala distrik agar orang-orang di kapal tidak usah turun, itu yang kita maksud.”

Frans meminta agar tim dapat menertibkan warga yang masih berkumpul di sejumlah titik, seperti di jalur II jalan Hasanuddin, ia meminta agar Pol PP, TNI dan Polres dapat menindak langsung. Menanggapi hal tersebut Kabag. Ops. Polres Kepulauan Yapen, AKP. Muchsit Sefian, S.Ik selaku Wakil Ketua Harian Tim Gugus Tugas mengatakan bahwa patroli Sabar sudah keliling dan sebagian besar sudah mengikuti. kita juga sudah membentuk patroli A dan B, tapi kita terbatas pada kendaraan, terkait arahan pak Wabup soal jalur dua akan segera kita tindak lanjuti. Rapat juga membahas sejumlah agenda dari instruksi Bupati Kepulauan Yapen.

(foto : Andrew Woria)

Leave a Reply