Musrembang distrik Yapen Barat, 80 program kerja disiapkan

Reporter : Andrew Woria

Yapen Barat – Hari ini jumat, 21/02/2020, berlangsung musrembang tingkat distrik di Yapen Barat.

Musrembang kali ini dihadiri langsung oleh pimpinan sementara DPRD Kepulauan Yapen beserta anggota asistensi dari Bappeda Kepulauan Yapen, kepala distrik Yapen Barat serta 16 kepala kampung di kawasan distrik Yapen Barat.

Asistensi Bappeda Kepulauan Yapen yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengendalian dan Evaluasi, Yusran, SKM, M.Kes kepada media mengatakan bahwa Musrembang ini, guna mempertemukan keinginan masyarakat dengan keinginan pemerintah daerah. Menurutnya yang penting adalah bagaimana masyarakat mampu merencanakan yang menjadi prioritas atau kebutuhan utama di kampungnya masing-masing. Hal ini menjadi penting karena tidak semua perencanaan dalam musrembang tingkat distrik Yapen Barat kali ini dapat di akomodir oleh APBD Kabupaten Kepulauan Yapen.

Sementara itu, kepala distrik Yapen Barat ketika ditemui, menjelaskan bahwa musrembang kali ini mengusulkan 80 program dengan hampir 200 lebih kegiatan bisa 50% terakomodir dalam APBD Kabupaten Kepulauan Yapen tahun 2021. Hal ini merupakan kebutuhan dari masyarakat terutama infrastruktur jalan lintas Yapen.

Hal yang sama juga disampaikan oleh pimpinan sementara DPRD Kepulauan Yapen, Yohanis Raubaba yang menjelaskan bahwa sejak 2014 – 2019 baru pertama kali Musrembang distrik dihadiri langsung oleh 2 pimpinan dewan, serta 11 anggota dewan. Terkait dengan Musrembang, dirinya mengatakan bahwa seluruh program masukan dari kampung telah direkap, oleh asistensi Bappeda dan akan dibahas pada minggu ketiga di bulan maret dalam Musrembang tingkat Kabupaten Kepulauan Yapen.

(foto : Ben Kirihio)

Leave a Reply