Apel gabungan, Wakil Bupati himbau sukseskan Sensus Penduduk Nasional 2020

Reporter : Andrew Woria

Serui – Hari senin, 17/02/2020 Ratusan ASN sebanyak 383 di Lingkungan Pemerintah Kepulauan Yapen, mengikuti apel gabungan. Apel tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA. Dimana dalam arahannya mengajak semua ASN, untuk mensukseskan Sensus Penduduk Nasional tahun 2020.

Apel gabungan ini sekaligus melaunching pelaksanaan sensus penduduk nasional secara online tahun 2020 untuk Indonesia, sejak 15 februari hingga 31 Maret 2020. Sensus penduduk tahun 2020 diselenggarakan dalam rangka mendapatkan data-data penduduk yang akurat, tentang penduduk Indonesia dan salah satunya di Kabupaten Kepulauan Yapen. 

Sensus penduduk tahun 2020 ini dilaksanakan hampir kurang lebih di 54 negara di dunia, termasuk di Indonesia. Sehingga Wakil Bupati meminta kepada aparatur sipil negara di lingkup pemerintahan Kepulauan Yapen, untuk proaktif dalam mensukseskan sensus penduduk tahun 2020 ini baik secara online maupun secara tahapan wawancara.

Sementara itu Lesias Sembai, S.Sos selaku kepala BPS Kepulauan Yapen kepada humas dan media mengatakan bahwa, untuk Kepulauan Yapen ditargetkan 8.000 jiwa dari 97.000 yang terdaftar dalam sensus penduduk nasional secara online. Sensus online akan lebih ditargetkan di kota Serui serta daerah-daerah lain di Kepulauan Yapen, yang terjangkau oleh sinyal Internet. Lesias juga  menambahkan bahwa jika warga yang tidak terdata dalam sensus online, maka akan tetap dilayani pada tahapan sensus wawancara bulan juli mendatang. Sensus nanti tidak ada perbedaan antara online dan wawancara, sehingga warga masyarakat diharapkan dapat menyiapkan dokumen kependudukan berupa, KTP, Kartu Keluarga, serta Akta Nikah atau Akta Cerai.

(foto dan video : C.R.I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *