Ingat!!! tanggal 15 februari Sensus Penduduk Nasional Online

Reporter : Andrew Woria

Serui – Kepala Dinas Kominfo Kepulauan Yapen, Wellem Z. Bonay, saat ditemui di ruang kerjanya, mengajak kepada seluruh warga masyarakat di Kepulauan Yapen untuk mendukung dan mensukseskan sensus penduduk Nasional 2020, yang akan dilakukan dengan dua tahap yaitu yang pertama sensus penduduk nasional berbasis online pada 15 Februari 2020 hingga 31 maret 2020. Hal ini menjadi penting karena  dengan data penduduk yang baik maka, pembangunan di Kepulauan Yapen akan dilakukan secara baik pula. Dirinya juga meminta agar warga tidak boleh terpengaruh dengan hasutan untuk tidak mengikuti sensus penduduk kali ini.

Dinas Kominfo Kepulauan Yapen bersama badan statistik sebagai penyelenggara, menghimbau kepada semua lapisan masyarakat yang menggunakan gadget seperti smartphone/laptop/tablet atau pun komputer (PC), pada tanggal 15 februari 2020 nanti, agar dapat melakukan sensus penduduk nasional berbasis online, dengan cara mengakses halaman website resmi sensus penduduk nasional tahun 2020, pada alamat http://sensus.bps.go.id. Persyaratan yang dibutuhkan yaitu kartu keluarga, NIK seluruh anggota keluarga serta surat nikah atau cerai yang telah di scan.

Terkait masalah kendala jaringan internet di Kepulauan Yapen, Wellem menjelaskan bahwa pemda telah menyiapkan internet public, yang dapat diakses disejumlah titik seperti di area BKPSDM, Badan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kepuluan Yapen, DPMK Kepulauan Yapen dan di Kantor Dinas Kominfo Kepulauan Yapen, serta wifi gratis di seluruh sekolah yang menggunakan layanan VSAT dari Dinas Kominfo Kepulauan Yapen.

“Sensus penduduk 2020 ini sangat penting, karena jika kita tidak terakses dalam data penduduk, maka kita tidak akan terlayani ditahun-tahun kedepan dan ini adalah sebuah kerugian bukan hanya pada keluarga kita tapi bagi pemerintah daerah” ungkapnya.

(Foto : C.R.I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *