Sering dikomplain terkait tumpukan sampah, ternyata ini penjelasan Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Yapen!!!

Reporter : Andrew Woria

Serui – Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Yapen pada hari senin, 03/02/2020 menjelaskan terkait dengan pengangkutan sampah yang terlambat pada pasar Aroro Iroro, Serui. Pelaksana tugas kepala Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Yapen Drs. Robert Bless, MM diruang kerjanya mengatakan bahwa jumlah armada milik Pemda belum bisa mencukupi kebutuhan di Kepulauan Yapen, sehingga pihaknya pun mensiasati dengan membagi jadwal pada pelayanan armada pengangkut sampah.

Sedangkan jumlah TPS ( Tempat Pembunganan Semntara) di dalam kota serui sendiri terdapat di dua titik yaitu di dalam pasar dan di lokasi KPR, sehingga dirinya berharap agar masyarakat dapat memiliki rasa kepedulian memiliki kota Serui sebagai milik bersama, dengan membuang sampah di TPS yang telah disediakan. Selain itu di tahun ini juga Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Yapen telah menambah 5 kontainer penampung sampah dan satu amrol truk sampah, namun belum dioperasikan karena masih harus mengurus surat-surat dari amrol tersebut. Kontainer penampung sampah ini direncanakan akan disebar di pasar Aroro Iroro Serui, di RSUD Serui serta di lokasi perkampungan yang bersedia menyediakan tempat untuk menaruh kontainer tersebut.

Selain itu ia juga mengatakan bahwa di tahun 2020 ini, akan ada penambahan 3 buah armada dan 3 buah amrol  yang merupakan bantuan dari Kementrian Lingkungan Hidup RI untuk mengatasi masalah pengangkutan sampah di Kabupaten Kepulauan Yapen.

(foto : Andrew Woria)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *