Hari ini, Kalapas IIB Serui resmi diganti.

Reporter : Andrew Woria

Serui – Joko Sunarno, SH secara resmi menyerahkan tongkat estafet kepemimpinannya di lembaga permasyarakatan kelas IIB Serui, kepada Abraham B. Harjo, SH, MH, dirinya telah memimpin lapas kelas IIB ini sejak bulan September tahun 2018 hingga saat ini memasuki 16 bulan, 2 hari. Sertijab ini berlangsung di gedung aula lapas pada hari rabu, 29/01.2020.

Kegiatan sertijab ini ditandai dengan penanda tanganan berita acara serah terima jabatan, serta dilanjutkan dengan serah terima Dharmawanita dari pejabat lama ke pejabat baru.

Dikesempatan sambutan oleh mantan Kalapas kelas IIB Serui, DJoko Sunarno, SH mengatakan bahwa lapas dalam keadaan aman dan tertib selama masa kepemimpinannya, tidak terlepas dari kerja sama antar Muspida di Kepulauan Yapen. Dirinya menjelaskan bahwa sesuai dengan surat keputusan Menteri Hukum dan Ham RI sejak desember 2019 lalu, maka dirinya mendapat tugas baru menduduki sebagai pejabat fungsional pembimbing kemasyarakatan madya di balai pemasyarakatan  kelas I Cirebon.

Sementara Kalapas kelas IIB Serui, Abraham Harjo, SH, MH dalam sambutanya mengatakan bahwa ini pertama kali dirinya berada di Serui. Mantan kasubid. Yankum Kemenkumham Papua Barat ini juga mengatakan bahwa dirinya membutuhkan dukungan dari semua pihak untuk meneruskan dan memimpin di lapas kelas II B Serui.

Pada arahan Kanwil Kemenkumham Papua, yang disampaikan oleh Kabid. Pelayanan Tahanan, Samaludin Bogra mengatakan bahwa sertijab kali ini, merupakan promosi dan rotasi dalam organisasi dengan tujuan refresh dan reward agar kinerja anggota terus dapat ditingkatkan. Kanwil kemenkumham juga berterima kasih kepada pengabdian dari mantan Kalapas IIB Serui, Djoko Sunarno, dirinya juga berharap kepada Kalapas yang baru, untuk merangkul semua baik warga binaan, Muspida dan pemerintah daerah.

Sementara itu, pemerintah Kepulauan Yapen yang diwakili oleh Asisten II Setda, Gokman Simbolon, SH mengatakan bahwa pergantian kepemimpinan ini, patut di hormati dan sikapi dengan baik, dimana hal ini merupakan bagian dari penyegaran dan optimalisasi dari pelayanan lapas kelas IIB Serui ke depan.  Pemerintah juga meminta agar pimpinan lapas kelas IIB yang baru, untuk tetap mempertahankan kebersamaan dan kekompakan. Selain itu terus meningkatkan resali dengan pihak lainnya serta saling berkordinasi dan bersinergi dengan baik bersama pemda, kejaksaan, TNI dan Polri.

Dalam kegiatan ini dihadiri langsung oleh pemerintah Kepulauan Yapen yang diwakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Gokman Simbolon, SH, Kapolres Kepulauan Yapen, AKBP. Kariawan Barus, Kepala Kejaksaan Negeri Serui, Danramil Serui, Ketua Pengadilan Serui, serta mewakili kakanwil Kemenkumham Papua oleh kabid. Pelayanan Tahanan Kanwil Kemenkumham Papua.

(foto dan video : C.R.I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *