RSUD Serui tetap layani pasien OAP gratis.

Reporter : Andrew Woria

Serui – Terhitung mulai 01 Januari 2019 lalu, Kartu Papua Sehat (KPS) yang diperuntukkan bagi OAP (Orang Asli Papua), sudah tidak berlaku lagi di seluruh wilayah Papua. Yang mana kartu tersebut telah terintegrasi dengan JKN KIS, namun khusus di Kabupaten Kepulauan Yapen, setiap warga masyarakat OAP masih mendapat pelayanan kesehatan secara gratis di RSUD Serui hingga saat ini.

Ketika dikonfirmasikan hal tersebut kepada direktur RSUD Serui, dr. Jhonny B. Abaa, M.Kes  membenarkan hal tersebut. Hal ini dilaksanakannya sesuai dengan kebijakan dari visi misi Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar S.Sos bersama Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA tentang pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat.

dr. Ben menjelaskan bahwa penggunaan KPS (Kartu Papua Sehat) di RSUD Serui tetap dilayani, bahkan manajemen RSUD Serui telah menyurati hal tersebut ke Dinas Kesehatan Provinsi Papua, yang mana di 2019 direncanakan akan dibantu dengan dana sebesar 6 Milyar Rupiah, namun hingga saat ini dana tersebut belum juga diturunkan.

“Bagaimana kita mau bicara tentang obat kalau KPS sendiri tidak kasih uang, sementara pasien dengan menggunakan KPS masih kita layani  gratis.” ungkapnya.

(foto dan video : C.R.I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *