Petani Kopi dari 5 kampung di pengunungan Moman, terima bantuan Kemendes tahun 2019.

Reporter : Andrew Woria

AmbaidiruKementrian Desa dan Daerah Tertinggal pada hari Rabu, 22/01/2020 menyerahkan paket bantuan kepada 5 kampung di distrik Kosiwo, Kepulauan Yapen, penyerahan ini diserah terimakan kepada petani kopi oleh Sekretaris Daerah Kepulauan Yapen, Ir. Alexander Nussy, MM mewakili Bupati Kepulauan Yapen kepada ke-5 kampung tersebut. Kelima kampung yang menerima bantuan ini yaitu kampung Ambaidiru, kampung Manainin, kampung Ramangkurani, kampung Numaman, dan kampung Mambo di distrik Kosiwo. 5 kampung ini memiliki keunikan karena letak diatas pegunungan Moman, Ambaidiru dengan suhu yang cukup dingin, sehingga komuditas kopi menjadi produk usaha unggulan oleh warga di 5 kampung ini.

Beberapa peralatan yang diserahkan antara lain :

  1. Mesin Genset
  2. Mesin Sangrai Kopi
  3. Mesin Pulper Kupas Basah
  4. Huller Kupas Kulit Ari
  5. Grinder kopi
  6. Seller Pengemasan
  7. Kemasan Alumnium Foil

Henry seorang instruktur dari Kementrian Desa dan Daerah Tertinggal kepada humas dan media mengatakan bahwa bantuan yang diberikan oleh Kementerian memang diberikan secara langsung, dan diharapkan bisa tepat guna. Sebelumnya telah dilakukan survei di 5 Kampung tersebut, untuk menjadi landasan penerimaan bantuan peralatan tersebut. Henry menjelaskan mesin-mesin tersebut akan dievaluasi dan jika berjalan akan dilengkapi serta ditambah di kemudian hari.

Bantuan peralatan ini berikan agar dapat meningkatkan produksi warga, yang mana selama ini telah memproduksi kopi Ambaidiru dan telah dipasarkan bahkan ke luar negeri.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kepulauan Yapen, Ir. Alexander Nussy, MM menjelaskan bahwa dengan diberikannya bantuan peralatan ini, dapat diartikan bahwa proses pengolahan kopi di Ambaidiru saat ini cukup lengkap, yakni mulai dari pengupasan hingga pengemasan. Pemerintah berharap dengan diberikannya bantuan peralatan ini dapat memberi semangat tersendiri bagi para petani kopi, untuk tetap giat dan tekun meningkatkan produksi. Dirinya juga menjelaskan bahwa ambaidiru merupakan satu-satunya di daerah pegunungan di Kepulauan Yapen yang mengusahakan kopi oleh warga asli Kampung tersebut.

Sementara itu terpantau  hadir dalam acara penyerahan bantuan Peralatan ini, yaitu Asisten III, Erny R. Tania, S.IP, Kadis. Perindagkop dan UKM, Kadis. Pertanian dan Ketahanan Pangan,  Kabag. Umum, para Kepala Kampung dan petani kopi.

(foto dan video : C.R.I)

Leave a Reply