Kepulauan Yapen siap hadapi sensus 2020.

Reporter : Andrew Woria

Serui – Sekretaris Daerah Kepulauan Yapen, Ir. Alexander Nussy, MM pada hari selasa, 21/01/2020 memimpin sosialisasi terkait sensus penduduk tahun 2020. Dimana sensus kali ini di serui baru dilakukan yang ke-7 kalinya.

Tujuan sensus sendiri adalah untuk menyediakan data jumlah komposisi distribusi dan karakteristik penduduk menuju satu data kependudukan Indonesia.

Sensus penduduk ini dilaksanakan dengan 2 tahap, yaitu pada tahap pertama sensus online yang direncanakan pada tanggal 15 Februari 2020 hingga 31 maret 2020 yang dilakukan secara mandiri, dan sensus wawancara pada 1 juli – 31 juli 2020.

Manfaat dari sensus penduduk adalah mengetahui kebutuhan infrastruktur seperti jumlah dan persentase jumlah dan kualitas kesehatan, fasilitas serta komunikasi.

Sensus ini juga bagi kepala kepala desa, diharapkan kepada kepala desa dapat menyebarluaskan informasi tentang sensus penduduk tahun 2020, kepala desa juga dapat menghimbau ke seluruh warga untuk berpartisipasi dalam sensus penduduk secara online maupun wawancara. Kepala desa juga diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk menginformasikan tentang sensus penduduk tahun 2020 ini kepada masyarakat.

Sementara itu dari pihak bank Papua, kepala cabang bank Papua Serui kembali memberikan sosialisasi, tentang kredit perumahan pegawai dengan program fasilitas likuiditas pembiayaan KPR sejahtera, yang merupakan penyaluran pembiayaan dari pemerintah pusat melalui bantuan dana kepada masyarakat berpenghasilan rendah dan kepemilikan rumah yang dibeli. Hal ini sesuai dengan program sejuta rumah dari pemerintah pusat untuk dapat terealisasi.

Dalam kesempatan wawancara, Sekretaris Daerah Kepulauan Yapen, Ir. Alexander Nussy, MM menjelaskan bahwa sosialisasi untuk terkait perkreditan rumah.

Sosialisasi ini di hadiri langsung oleh sejumlah pejabat daerah seperti para kepala OPD, sejumlah kepala distrik dan asisten setda Kepulauan Yapen.

(foto dan video : C.R.I)

Leave a Reply