Asisten III Setda ” Jangan Biarkan masyarakat tunggu “

Reporter : Andrew Woria

Serui – Usai mengikuti kegiatan penyerahan DPA kepada 44 OPD di lingkup pemerintahan Kepulauan Yapen, Plh. Sekda yang juga sebagai Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kepulauan Yapen, Erny R. Tania, S.IP melihat dan merespon antrian masyarakat yang berbondong-bondong hadir di depan kantor Bupati Kepulauan Yapen.

Dari pantauan humas terlihat masyarakat langsung bertemu dengan Bupati, berbicara serta menyerahkan proposal. Hal ini mendapat tanggapan dari Asisten III yang dinilai kurang tepat dan kurang baik. Ketika dikonfirmasi kepada Asisten III Setda Kepulauan Yapen, Erny R. Tania mengatakan bahwa sudah ia sampaikan agar para staf ASN dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dirinya menyayangkan ketika melihat ada masyarakat yang datang penuhi kursi diruang tunggu, sementara tidak ada satupun staf atau ASN yang keluar untuk bertanya tentang keperluan masyarakat apa, sehingga hal ini membuatnya geram. Ia pun mengarahkan staf bidang umum untuk mendata dan mencatat kepentingan warga serta mengambil nomor telepon yang bersangkutan, sehingga dapat difasilitasi.

“Nah makanya saya langsung setelah Pak Bupati jalan dan sampaikan saya untuk hal-hal yang harus saya ikut dan bawa ketemu beliau, saya masuk kedalam bagian umum sini, ternyata diruangan tambah banyak lagi. Jadi ada yang menyampaikan tentang bantuan pembangunan gedung ibadah, juga ada yang menyampaikan masalah tentang ada 9 kepala kampung yang mungkin pada saat pemilihan kepala kampung yang lalu sudah terpilih, tapi ada sedikit masalah sehingga harus ada pemilihan kepala kampung ulang dan masalah itu masih berlaku sampai hari ini dan mereka 9 kepala kampung yang terpilih ini masih digugat dan ingin bertemu dengan Bapak Bupati, itu yang menyebabkan mungkin ada kita lihat bersama di sekitar ruang tunggu bagian umum ini cukup banyak. Juga tentang ada masalah anaknya yang sudah kerja honor berapa tahun, tapi selama ini tidak dibayarkan honornya, pokoknya semua hampir masalah keluhan-keluhan dari masyarakat, yang saya pikir sudah berulang kali kita ingin untuk tidak lagi terjadi keluhan dari masyarakat” ungkapnya.

Erny juga berharap pengertian dan kerjasama dari teman-teman ASN serta semua para Kabag. maupun Asisten ataupun Kasubag yang menangani masalah ini, untuk dapat mengatur tamu.

Jangan masyarakat dari pagi duduk sampai malam tanpa kepastian, dirinya berharap agar semua pegawai dapat bekerja lebih cepat dan lebih baik lagi.

“Jadi harapan saya kedepan seperti itu, mungkin teman-teman yang di sekertariat daerah atau para kasubag-kasubag yang berhubungan langsung dengan keluhan keluhan masyarakat, marilah kita bekerja lebih cepat lagi, lebih baik lagi dan untuk menjawab kebutuhan-kebutuhan masyarakat yang lebih baik.

(foto dan Video : C.R.I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *