Ratusan warga Flobamora NTT di Serui, hadiri syukuran

Reporter : Andrew Woria

Serui – Wakil Bupati Kepulaun Yapen, Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA pada hari sabtu, 04/01/2020, menghadiri syukuran ikatan keluarga Flobamora NTT Kabupaten Kepulauan Yapen, yang dilaksanakan di gedung MGMP SMA Negeri 1 Serui, selain Wakil Bupati, acara tersebut juga di hadiri oleh Kepala Kesbangpol Kepulauan Yapen, Sonny A. Woria, Kepala DPMPTSP Kepulauan Yapen, Harold Wenno, AP, M.Si,  para ketua paguyuban, para sesepu, serta ketua ikatan Flobamora NTT Kepulauan Yapen. Syukuran yang diawali dengan ibadah ini, berlangsung dibawah sorotan tema, hiduplah sebagai sahabat.

Ibadah syukuran tersebut dipimpin langsung oleh Pdt. Rosa Kulaley, S.Th, yang dilanjutkan dengan parade busana dari Provinsi Nusa Tenggara Timur yang terdiri dari 22 kabupaten kota.

Dalam laporan panitia, yang disampaikan oleh ketua panitia, Pieter de Hann, S.Sas mengatakan bahwa maksud tujuan dilaksanakan syukuran kali ini, adalah untuk mensyukuri kasih sayang dan penyertaan Tuhan bagi warga Flobamora di sepanjang tahun 2019 di kabupaten Kepulauan Yapen. Dirinya juga berharap agar lewat kebersamaan kali ini, dapat mempererat serta semakin akrab antara warga Flobamora NTT dengan seluruh warga Kepulauan Yapen pada waktu-waktu yang akan datang.

Sementara itu pada sambutan ketua ikatan keluarga Flobamora NTT Kepulauan Yapen, yang disampaikan oleh wakil ketua Flobamora, Drs. Yohanis Geotena, S. Apt bahwa syukuran ini dilaksanakan setiap tahunnya di awal tahun, sebagai bentuk syukur kepada Tuhan serta menjadi doa dan harapan, untuk memasuki Tahun 2020 serta dirinya berharap ikatan keluarga Flobamora ini agar tetap menjaga suasana damai sejahtera, nyaman dan kondusif dalam rangka mewujudkan Kepulauan Yapen yang lebih nyaman, lebih maju dan lebih Sejahtera. Dirinya juga sempat menjelaskan kepanjangan dari sebutan Flobamora sendiri, dimana Flobamora merupakan singkatan dari gabungan nama pulau-pulau besar di NTT yaitu Flores, Sumba, Timor, dan Alor. Selain itu ada 200 kepala keluarga warga Flobamora yang ada di Kepulauan Yapen, dengan berbagai profesi mulai dari ASN, Polri, TNI hingga Swasta. Dirinya juga selalu menghimbau kepada warganya untuk terus menjaga kedamaian antara sesama warga asli Kepulauan Yapen dan juga warga Nusantara di yang berada di Kepulauan Yapen.

Selain itu juga ditampilkan Tarian Tebe dari Timur Tengah Utara, pada sambutan pemerintah Kepulauan Yapen, yang disampaikan oleh Wakil Bupati, Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA mengatakan bahwa kebersamaan ini diharapkan, dapat semakin mempererat persatuan dan kesatuan di tengah kebhinekaan di Kepulauan Yapen. Dirinya juga mengajak warga Flobamora agar selalu menerapkan tema dan sub tema syukuran kali ini, dalam kehidupan sebagai warga yakni bersahabatlah dengan tidak melihat perbedaan, jika di tahun 2019 masih terdapat amarah dan kebencian, maka di tahun 2020 ini sudah saatnya merajut kebersamaan di Kepulauan Yapen, dirinya juga meminta agar wadah ikatan keluarga Flobamora di Kepulauan Yapen ini dapat dijaga sebagai rumah bersama warga Flobamora di tanah rantau.

Selain itu keluarga Flobamora menurutnya juga memiliki andil yang tidak sedikit dalam pembangunan di kabupaten Kepulauan Yapen, serta mengajak warga Flobamora NTT di Kepulauan Yapen  untuk mendukung program pembangunan di daerah pada tahun ini, karena warga Flobamora NTT ini juga memiliki sdm yang baik.

Acara syukuran ini ditutup dengan resepsi dan dilanjutkan dengan tarian adat yang dalam bahasa NTT disebut dengan Roka Tenda, dimana tarian ini melibatkan seluruh undangan yang hadir termasuk Wakil Bupati Kepulauan Yapen.

(Foto : Marvin Raubaba)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *