Tembus akses jalan Natabui – Toweta – Serui, 1 unit mobil angkutan desa diserahkan ke kampung Natabui.

Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos menyerahkan 1 unit Kendaraan kepada kampung Natabui yang diterima oleh sekretaris kampung Natabui, Saul Wayor.

(Jur : Andrew Woria)

Yapen Barat – Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos berkunjung Ke Toweta distrik Yapen Barat, pada senin, 23/12/2019. Disana, rombongan Bupati membagikan bingkisan Natal berupa makanan ringan kepada anak-anak di kampung Toweta, tak hanya anak-anak yang menerima bingkisan tersebut, Bupati juga membagikan sembako kepada masyarakat di kampung Toweta, dari Toweta rombongan orang nomor satu di Kepulauan Yapen ini juga, lanjut menyerahkan sembako kepada masyarakat di kampung Natabui serta menyerahkan 1 unit Kendaraan, kepada kampung Natabui yang diterima oleh sekretaris kampung Natabui, Saul Wayor.

Penyerahan ini disaksikan langsung oleh Danramil, Kapolsek dan kepala distrik Yapen barat, kepala kampung, Bamuskam baik yang ada di kampung Natabui maupun di kampung Toweta, serta seluruh masyarakat yang hadir.

1 unit kendaraan yang diserahkan ini adalah jenis kendaraan pickup yang di modifikasi menjadi angkutan umum. Dalam arahannya, Bupati Tonny Tesar, S.Sos mengatakan bahwa pemerintah daerah akan terus-menerus memperhatikan kesejahteraan masyarakat, salah satunya adalah membuka akses jalan oleh karena dengan adanya pembangunan akses jalan yang terus-menerus pemerintah lakukan akan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, serta meningkatkan pelayanan baik dibidang pendidikan dan kesehatan. Menurut pemerintah pusat, bahwa pembangunan infrastruktur khususnya jalan dan jembatan ini, akan menjadi pemicu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama perekonomian masyarakat akan bisa tumbuh dengan baik.

“Kita tahu bahwa jalan ini sementara masih jalan urutan-urutan kerikil, tetapi tetap kita pemerintah daerah akan terus memperhatikan untuk dapat ditingkatkan sampai dengan pengaspalan, sehingga masyarakat bisa betul-betul menikmati jalan ini dengan baik. Saat ini kita sudah melakukan pekerjaan sampai ke Toweta dan kita masih tunggu lagi pekerjaan turun ke ke Natabui – Munggui. Kita berharap tahun depan pekerjaan ini sudah bisa kita masuk ke Natabui dan kita bisa sampai ke munggui sehingga dari utara masyarakat kita di Pom, maupun dari Windesi, bisa menggunakan jalan ini masuk ke  Ansus  dan juga ke Serui” ungkapnya. (senin, 23/12/2019)

Bupati menjelaskan kepada masyarakat bahwa, saat ini pemerintah daerah Kepulauan Yapen telah melakukan pinjaman daerah untuk melakukan pengaspalan jalan. Yang mana tahun ini sedang ada pelelangan pekerjaan jalan, untuk pengaspalan dari Mariarotu, dengan panjang jalan hampir 29 kilo meter yang akan di aspal, sampai ke dekat Ansus melalui Papuma. Sehingga jika nanti hal ini  sudah bisa sampai ke situ, dirinya menyampaikan akan secara bertahap diaspal dari Asus sampai ke Munggui

Tonny Melanjutkan, bahwa pada hari ini pemerintah daerah, melalui Dinas Perhubungan sudah menyediakan beberapa kendaraan yang dibagi-bagi dibeberapa daerah dan salah satunya diberikan kepada kampung Natabui, yang juga akan dinikmati oleh masyarakat yang ada di Toweta.

kendaraan jenis pickup yang dimodifikasi ini, diharapkan agar tidak hanya mengangkut orang saja, akan tetapi juga mengangkut hasil bumi yang ada untuk dijual ke pasar Ansus maupun ke pasar Serui, sehingga dapat meningkatkan penghasilan warga dan kesejahteraan. Kepada sekertaris kampung juga dirinya berpesan agar mobil ini dapat dimanfaatkan secara maksimal serta dirawat.

(Foto : Marvin Raubaba & Ben Semuel Kirihio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *