Sekarang ke Manokwari langsung dari Serui dengan Trigana Airlines.

Serui Sejak 20/11/2019, pemerintah Kepulauan Yapen telah menandatangani kerjasama dengan PT. Trigana Airlines yang selama ini membackup penerbangan dari Jayapura – Serui – Biak – Serui – Jayapura.

Namun di akhir tahun 2019 ini, pemerintah Kepulauan Yapen membuka jalur baru dengan melakukan penandatanganan MoU, untuk rute Serui – Nabire maupun Serui- Manokwari yang akan melayani dua kali dalam seminggu, yang melakukan penerbangan perdana dari bandara Stevanus Rumbewas, Serui dan tiba di bandara Rendani Manokwari, Papua Barat pada hari senin, 16/12/2019.

Penerbangan Trigana Air ini ditempuh dalam 45 menit dengan ketinggian jelajah diatas 14.500 meter diatas permukaan air laut, sementara dari bandara Rendani Manokwari menuju bandara Stevanus Rumbewas, Serui ditempuh 13.500 meter diatas permukaan air laut menggunakan jenis pesawat ATR 432 series 200 dengan kapasitas penumpang sebanyak 46 seat.

Sekretaris daerah Kabupaten Manokwari, Drs. Aljabar Makatita, M.Si yang langsung menjemput rombongan pejabat Kepulauan Yapen tersebut dalam sambutannya merasa bersyukur dan berterima kasih kepada pihak maskapai Trigana Airlines atas penambahan armada di Manokwari, hal tersebut tidak terlepas dari dukungan dan kerja sama dari pemerintah daerah Kepulauan Yapen.

Selain itu dikesempatan wawancara dengan manager komersial Trigana Airlines, Tatang Surya menjelaskan bahwa saat ini, Trigana Airlines secara resmi menambahkan armada barunya di Manokwari dan melayani penerbangan Serui – Manokwari dua kali dalam seminggu, yaitu senin dan jumat. Hal ini adalah salah satu inisiatif dari Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos yang ingin meningkatkan aksesbilitas penerbangan ungkapnya. Selain itu dirinya berharap agar kedepannya pemerintah kabupaten Manokwari juga dapat mendukung Trigana sehingga dapat menambahkan rute lainnya di Manokwari, Papua Barat.

Sementara mewakili pemerintah Kepulauan Yapen, diwakili oleh asisten I setda bidang pemerintahan, Portunatus Numberi menjelaskan bahwa dengan dibukanya akses rute Serui – Manokwari dapat meningkatkan aksesbilitas masyarakat, baik yang ingin ke Papua Barat maupun ke Jayapura, sehingga atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kepulauan Yapen, sangat bersyukur dengan kehadiran rute baru tersebut, tidak hanya membuka rute Serui – Manokwari, dibuka juga rute Serui – Nabire yang akan beroperasi 2 kali dalam seminggu.

dari pantauan humas, sejumlah pejabat pemerintah daerah Kepulauan Yapen turut hadir dalam penerbangan tersebut diantaranya, Asisten I setda bidang pemerintahan, Portunatus Numberi, Staf ahli Bupati Dirk Rayar, Kepala Inspektorat Kepulauan Yapen, Alex Kiriweno, Kabag. Umum Setda Kepulauan Yapen, Hegel Yawandare, serta perwakilan TNI Polri.

(jur : Andrew Woria/ foto : Andrew Woria).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *