KONGRES PEMUDA SAIRERI HARUS MENJADI MITRA PEMERINTAH DAERAH DI WILAYAH SAIRERI.

Kota Jayapura – Kongres Pemuda saireri secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kepulauan Yapen, Ir. Alexander Nussy, MM mewakili asosiasi Bupati wilayah Saireri, pada hari Jumat 15/11/2019 di Horison Hotel, Kotaraja, Jayapura.

Gifli Buinei, ST selaku Ketua Mid Formatur Pemuda Sairei Papua kepada Humas menjelaskan bahwa Kongres pemuda Saireri ini adalah momen dimana semua pemuda Saireri dapat berkumpul untuk memberikan pemikiran konstruktif terhadap pemerintah daerah. Kongres Pemuda Saireri juga merupakan wadah dari bernaung pemuda yang berasal dari Kepulauan Yapen, Biak, Supiori, Waropen dan Nabire bagian pantai, juga pemuda yang berasal dari Mamberamo Raya, dimana Maberamo secara garis keturunan merupakan bagian dari Waropen, sehingga pemuda Saireri, Papua ini merupakan wadah dengan semangat kekeluargaan, ini merupakan sedikit gambaran terkait dengan PSP ungkapnya.

Kongres pemuda Saireri ini diharapkan bisa menghasilkan beberapa rekomendasi, yang pertama terkait dengan pembangunan kawasan, kemudian ini merupakan momen dimana kita memilih pengurus dan panitia, yang dapat membantu mengawal organisasi ini 3 tahun kedepan.

Harapannya organisasi ini bisa menjadi mitra pemerintah daerah, sehingga hal-hal yang menjadi kendala bagi pemerintah, melalui wadah pemuda Saireri ini dapat berperan untuk bantu menyelesaikannya.

“Pemuda Saireri bukan organisasi politik, tetapi organisasi kepemudaan yang kemudian dengan mengedepankan asas kekeluargaan kebersamaan.”

Kongres ini berlangsung pada 15/11/2019 hingga 16/11/2019 bertempat di Horison Hotel Kotaraja Jayapura, dimana kegiatan tersebut dijadwalkan dibuka oleh ketua asosiasi Bupati Wilayah Saireri, yang berhalangan hadir sehingga diwakili oleh sekertaris asosiasi Bupati yang diwakili sekda Kepulauan Yapen, Ir. Alexander Nussy, MM.

Gifli Buinei selaku ketua MD Formatur pemuda Saireri Papua juga menambahkan bahwa peserta yang hadir pada kongres pemuda ini, berjumlah 800 orang berdasarkan data yang diperoleh oleh panitia, Gifli menjelaskan bahwa ini merupakan antusias yang sangat besar sehingga kedepannya, kegiatan seperti ini harus didukung oleh pemerintah.

Kongres pemuda Saireri sendiri dilaksanakan untuk pertama kalinya dipilih berlokasi di kota Jayapura sebagai ibukota Provinsi Papua, agar tidak ada kecemburuan dari perwakilan pemuda dari wilayah adat Saireri lainnya.

Sementara itu sekretaris daerah Kepulauan Yapen, Ir. Alexander Nussy, MM mengatakan melalui rekaman wawancara yang dikirim oleh Asisten III Setda Kepulauan Yapen, Erny R. Tania, bahwa pemerintah berharap pemuda Saireri dapat membentuk forum definitif yang mengumpulkan seluruh pemuda Saireri, Alex berharap melalui kongres ini, akan melahirkan pemikiran serta masukan-masukan kepada pemerintah daerah dalam rangka percepatan pembangunan di wilayah Saireri.

(jur : A.W/ sumber foto & Video Wawancara : Erny R. Tania, S.Ip, Asisten III Setda. Kab. Kep. Yapen)

(admin : B.K)

Leave a Reply