HKN 2019, WABUP YAPEN APRESIASI SEMANGAT PEMBANGUNAN SDM DAN PEMBANGUNAN BIDANG KESEHATAN.

Serui – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen menggelar apel gabungan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 Tahun 2019 di halaman Kantor Dinas Kesehatan, Kabupaten Kepulauan Yapen Selasa (12/11/2019).

Hari kesehatan di peringati setiap tahun pada tanggal 12 November di seluruh Indonesia.

Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA hadir untuk membacakan sambutan menteri kesehatan, dalam sambutan tersebut menjelaskan bahwa HKN kali ini mengangkat tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”. terdapat dua isu utama terkait kesehatan yang dibahas dan mendesak untuk dituntaskan demi pembangunan SDM yang berkualitas. Kedua isu itu yakni soal stunting dan jaminan kesehatan Nasional.

Pembangunan SDM telah diraih ditandai dengan adanya peningkatan indeks pembangunan manusia Indonesia setiap tahun. Hal Itu bisa diukur dari meningkatnya usia harapan hidup, menurunnya angka kematian ibu dan anak, menurunnya angka stunting, meningkatnya cakupan imunisasi serta berhasilnya pengendalian penyakit menular dan menurunnya angka TB”

Pemerintah Kepulauan Yapen juga mengucapkan terima kasih kepada petugas kesehatan yang bertugas melayani masyarakat Kepulauan Yapen, atas pencapaian pembangunan bidang kesehatan, para dokter dan perawat yang betugas di distrik dan kampung-kampung juga mendapat apresiasi atas semangat dalam melayani.

Usai memimpin apel HKN 2019, pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Yapen memberikan penghargaan cinderamata kepada beberapa petugas kesehatan yang telah memasuki masa purna tugas diantaranya ada yang telah mengabdi selama 33 tahun. Juga pemberian penghargaan (reward) kepada bayi yang mengikuti imunisasi lengkap, diberikan kepada bayi Alex Wapai dari puskesmas Serui kota, bayi Afika Adam, bayi Delvi Borowai dan bayi Samon Bonai, sementara dari puskesmas warari yaitu bayi Michael Wai, bayi Kartini Paiderouw, bayi Amore Sairei, dan bayi Boaz Burumi.

Kegitan HKN di Serui kali ini juga dihadiri sejumlah muspida dan tenaga kesehatan di Serui.

(jur : A.W/ foto : M.W)

Leave a Reply