RAPAT KOORDINASI TEKNIS DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KEPULAUAN YAPEN

Dinas pendidikan dan kebudayaan Kepulauan Yapen, pada hari kamis 31 oktober 2019 melaksanakan kegiatan rapat koordinasi teknis, yang dihadiri sekretaris daerah Kepulauan Yapen Ir. Alexander Nussy, MM yang membuka secara langsung serta mewakili bupati dan juga hadir sebagai salah satu narasumber dalam rapat tersebut.
Selain itu dihadiri juga oleh kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kepulauan yapen, Saskar Paiderouw, kepala dinas pariwisata pemuda dan olahraga, kepala badan kepegawaian Kepulauan Yapen, BPS dan para peserta.
Dalam laporan ketua panitia, Saskar Paiderouw menjelaskan bahwa masalah pendidikan merupakan tanggung jawab bersama, pemerintah daerah juga banyak menerima keluhan tentang pendidikan, sehingga raker ini dapat menfasilitasi semua pihak, khususnya pemerintah distrik, sekolah dan dinas pendidikan agar bersama-sama mencari solusi. Sementara itu dengan kehadiran pemerintah kampung dan distrik dalam raker kali ini, dapat melahirkan konsep ataupun komitmen kerjasama antara dinas terkait dengan pemerintah distrik atau kampung, sehingga dapat membantu penyelenggara pendidikan di wilayah kampungnya masing-masing.
Sekertaris daerah Kepulauan Yapen dalam presentasinya, mengatakan bahwa pemerintah membangun infrastruktur yang menghubungkan semua distrik, yang dapat diakses menggunakan jalan darat hal tersebut dilaksanakan berdasarkan topografi dari Kepulauan Yapen. Sementara itu di sektor pertanian, Kepulauan Yapen memiliki beberapa potensi komoditas seperti kopi, kakao, sagu dan perikanan, sementara untuk program pariwisata akan difokuskan pada pengembangan budaya dan pengembangan pariwisata. Untuk bandara udara Kamanap akan terus ditingkatkan. Sementara untuk dinas pendidikan, pemerintah daerah juga akan membangun rumah-rumah guru serta sarana-sarana pendidikan, selain itu juga dibangun kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi dengan dibuatnya akademi komunitas. Kemudian untuk pemberdayaan ekonomi, dimana pemerintah daerah juga membangun pasar.
Sementara itu dalam penyampaian materi yang disampaikan oleh kepala kepegawaian daerah Kepulauan Yapen, lebih menekankan kepada jajaran ASN dalam hal ini para guru terkait disiplin dalam bekerja. Disesi tanya jawab, beberapa program prioritas pemerintah daerah menjadi tanda tanya bagi para peserta, selain itu pengembangan sumber daya manusia juga menjadi sorotan dari para peserta kepada pemerintah daerah.
Tim liputan humas Kepulauan Yapen.

Leave a Reply