PROGRAM STUDI D3 KEPERAWATAN KEPULAUAN YAPEN SIAP DIAKREDITASI

Visitasi reakreditasi para program studi D3 Keperawatan Kepulauan Yapen dilaksanakan oleh tim asesor LAM-PT Kes. Ketika dikonfirmasi kepada direktur Politeknik Kemenkes Jayapura Dr. Arwam Hermanus, MZ, SE, M.Kes, menjelaskan kepada humas bahwa akreditasi ini merupakan satu bentuk upaya untuk melihat program studi D3 Keperawatan Politeknik Kesehatan Serui, apakah sesuai dengan standar yang telah di tetapkan. Untuk diketahui bahwa D3 Keperawatan di Kepulauan Yapen saat ini ini terakreditasi C sehingga diharapkan pada visitasi akreditasi kali ini dapat berubah menjadi B.
Hermanus juga mengatakan bahwa minimal sekolah keperawatan di Papua berstandar B yang mana Politeknik Kemenkes Jayapura memiliki 6 jurusan dan 20 program studi yang tersebar di 7 Kabupaten di Provinsi Papua. Dirinya juga berharap dengan kehadiran tim asesor LAM-PT Kes ini dapat melakukan penilaian dan masih menggunakan 7 standar, di antaranya yaitu standar mutu dosen, sarana dan prasarana, laboratorium, hasil kelulusan dan ujian kompetensi.
salah satu permasalahan yang dihadapi oleh Prodi keperawatan D3 Kepulauan Yapen yaitu hingga saat ini masih menunggu hibah dari pemerintah daerah terkait status tanah yang dibangun gedung kampus D3 Keperawatan, sehingga dirinya berharap agar pemerintah segera menolong dengan menghibahkan tanah tersebut kepada Poltekkes, hal ini dirasa penting dalam rangka pengembangan kampus kedepan. Dalam rancangan pengembangan poltekes hingga 2039, nantinya tidak hanya 1 jurusan yang akan dibangun.
Sementara itu, ketika dijumpai kepada Tim Asesor LAM-PT Kes, Moch. Achawandi, S.Kep.NS, CWCs menambahkan LAM-PT Kes ini merupakan salah satu lembaga swasta yang berada di bawah pendidikan tinggi untuk melakukan assessment dalam artian melihat satu institusi layak atau tidak untuk didukung maju. Achawandi juga menjelaskan bahwa timnya melihat bagaimana institusi ini betul-betul berkomitmen dan mengarah kepada program yang telah direncanakan sebelumnya
Sementara itu dalam sambutan Bupati yang dibacakan oleh staf ahli Bupati, Drs. Decky Rayar mengatakan pemerintah Kepulauan Yapen berharap agar ada hubungan kerjasama yang baik antara tim dari Jakarta bersama direktur Poltekes Jayapura dan juga pengelola program studi D3 Keperawatan di Serui, agar maksud dan tujuan pelaksanaan visitasi akreditasi D3 Keperawatan Serui ini dapat berjalan dengan baik dan sukses. Pemerintah juga meminta kepada pengelola program studi D3 Keperawatan di Serui, untuk menyiapkan data yang dibutuhkan dan perbaikan sistem serta cara kerja termasuk sarana dan prasarana dan bahan pendukung lainnya sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan agar program studi D3 Keperawatan disuruh memperoleh nilai akreditasi yang baik.
Tim liputan humas setda Kepulauan Yapen.