FESTIVAL GAPURA CINTA NEGERI, MASYARAKAT BANAWA BANGUN GAPURA BERNUANSA TIFA DAN PERAHU.

 

Peringati HUT RI ke-74 pada 17 agustus 2019 mendatang Presiden Ir. Joko Widodo mengajak masyarakat Indonesia untuk ikut lomba bangun gapura bertajuk festival Gapura Cinta Negeri.

Masyarakat diminta membangun gapura bersama-sama di wilayahnya untuk kemudian diunggah ke halaman www.gapuracintanegeri.com dengan periode pengiriman 17 juli sampai dengan 17 agustus 2019.

Tidak hanya itu pemenang akan diundang ke jakarta untuk menerima penghargaan dan bertemu langsung dengan Presiden Jokowi hal ini pun disambut baik oleh warga masyarakat di kampung Banawa, kelurahan Tarau, distrik Yapen Selatan, kabupaten Kepulauan Yapen.

Ketika dikonfirmasi kepada kepala kampung Banawa Agustinus Paide kepada humas menjelaskan bahwa antusias masyarakat dikampung Banawa cukup tinggi sehingga bersama-sama membangun gapura dengan sumber dana swadaya masyarakat. Hal yang sama juga dijelaskan oleh Matius Woria, ketua RT. 01 Banawa.

Sementara itu Jems Werimon selaku tokoh pemuda Kampung Banawa menjelaskan bahwa partisipasi pemuda dan masyarakat di kampung Banawa sangat mendukung kegiatan pemerintah dalam rangka HUT RI ke-74 tahun 2019, dengan memberikan satu bukti bahwa sebagai putra daerah asli Papua yang memadukan budaya Papua, dengan membuat salah satu gapura yang bentuknya mengambil tifa sebagai alat musik asli papua dalam membuat gapura, dipadukan juga dengan perahu di mana ini dibangun penuh makna.