the official website of the Kabupaten Kepulauan Yapen
UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA 01 JUNI 2019 Previous item BUPATI MELAKUKAN PENIJAUAN... Next item KUNJUNGAN KERJA MRP...

UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA 01 JUNI 2019

Serui – Upacara peringatan hari lahir Pancasila, pagi tadi dilaksanakan dilapangan Trikora, alun-alun Serui (01/06/2019). Upacara dipimpin oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos dan dihadiri oleh para Muspida, OPD, ASN, satuan Kodim 1709 Yawa, satuan Polres Kepulauan Yapen, satuan Polisi Pamong Praja, satuan Damkar, para pengajar dan para pelajar. Peringatan hari lahir Pancasila kali ini tidak hanya diperingati dengan upacara bendera saja namun juga ada beberapa pertunjukan dari peserta upacara yaitu dari para pelajar berupa pertunjukan pembacaan puisi dan pertunjukan drama musikal.

Upacara hari lahir pancasila ini di pimpin oleh inspektur upacara yaitu Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos dan sekaligus Bupati hadir untuk membacakan sambutan dari kepala BPIP.

Dalam sambutan tersebut disampaikan bahwa pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai salah satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai Negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan “Tanah Air Indonesia”. Kesatuan gugusan pulau yang berada diantar dua samudra, Pasifik dan Hindia serta diantara dua benua, Asia dan Australia, meneguhkan bahwa kita sebagai bangsa memiliki ruang hidup tanah air sebagai satu kesatuan. Ada relasi dan perpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan sebagaimana dalam konsep wawasan Nusantara.

Pancasila sebagai dasar Negara, ideology Negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “Pendiri Bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi ke Indonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Dan pada Akhir sambutannya ketua BPIP menyampaikan bahwa melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 01 juni 2019 ini, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi Negara, dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan.

Humas Setda Kabupaten Kepulauan Yapen.