the official website of the Kabupaten Kepulauan Yapen
PERESMIAN DAN PENTABISAN GEDUNG GEREJA BARU GKI PATMOS, AUSEM DISTRIK YERUI Previous item KUNJUNGAN KERJA MRP... Next item POLRES KEPULAUAN YAPEN...

PERESMIAN DAN PENTABISAN GEDUNG GEREJA BARU GKI PATMOS, AUSEM DISTRIK YERUI

Yerui – Bupati, Tonny Tesar, S.Sos didampingi Sekda Kabuapten Kepulauan Yapen, Ir. Alexander Nussy, MM bersama Dandim 1709, Kapolres Kepulauan Yapen, Ketua Pengadilan Negeri Serui, Kadis. Pendidikan, Kadis. Pariwisata dan Kadis. Kesehatan pada kamis. 30/05/2019 lalu melakukan peresmian dan pentabisan gedung Gereja baru GKI Patmos, Ausem distrik Yerui, sekaligus peletakan batu pertama untuk pembangunan rumah pastori gereja.

Acara kegiatan diawali dengan prosesi ibadah yang dimulai pada pagi hari di gedung Gereja lama yang berlokasi tepat disamping gedung Gereja yang baru, dalam ibadah tersebut sesekali diringi dengan persembahan puji-pujian oleh warga jemaat.

Setelah itu kemudian prosesi dilanjutkan dengan pemindahan peralatan ibadah dari gedung Gereja yang lama ke gedung Gereja yang baru, namun sebelum masuk kedalam gedung Gereja yang baru, Bupati dipersilahkan untuk melakukan pengguntingan pita sebagai tanda gedung Gereja tersebut secara resmi telah dibuka untuk kegiatan peribadatan, setelah itu acara pun dilanjutkan dengan ibadah untuk pertama kalinya di gedung Gereja yang baru.

Setelah ibadah selesai kemudian Bupati beserta rombongan dan warga jemaat dipersilahkan untuk keluar gedung Gereja baru guna mengikuti prosesi berikutnya yaitu peletakan batu pertama pembangunan pastori, pada prosesi tersebut Bupati diperkenankan melaksanakan peletakan batu pertama tersebut, sebelum melakukan prosesi tersebut Bupati mengatakan bahwa “kalau diijinkan oleh seluruh warga masyarakat maka kami pemerintah daerah akan memberikan satu buah rumah rakyat yang akan kita bangun disini untuk menyelesaikan rumah pastori ini”, bukan hanya Bupati yang diperkenankan untuk melakukan peletakan batu pertama namun juga Dandim 1709, Kapolres Kepulauan Yapen dan Ketua Pengadilan Negeri Serui juga mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan prosesi tersebut.

Setelah prosesi peletakan pertama berlangsung kemudian Bupati beserta rombongan dan warga jemaat dipersilahkan untuk kembali ke gedung Gereja yang baru guna mengikuti acara selanjutnya yaitu sambutan-sambutan.

Dalam sambutanya Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos mengajak kepada seluruh umat Tuhan di kampung Ausem agar patutlah kita sebagai umat yang percaya mengucapkan syukur kepada Tuhan Yesus Kristus oleh karena perkenanannya kita dapat dipertemukan disini untuk mengikuti acara peresmian dan pentabisan gedung Gereja baru GKI Patmos, Ausem distrik Yerui, atas nama pemerintah daerah saya mengucapkan selamat majelis dan jemaat GKI Patmos Ausem yang telah berhasil menyelesaikan bangunan gereja yang baru ini, tentunya hal ini merupakan perjuangan yang luarbiasa dengan dukungan dari berbagai pihak, sehingga bangunan ini bisa selesai serta dengan adanya pembangunan gedung Gereja yang baru ini adalah satu wujud nyata bahwa keberhasilan pembangunan dibidang keagamaan, dapat kita laksanakan bersama antara pemerintah daerah dan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Kepulauan Yapen.

Tonny Tesar, S.Sos juga mengatakan bahwa “setelah gedung Gereja yang baru ini berdiri, tantangan selanjutnya yaitu bagaimana kita bersama bisa menghadirkan tempat yang baik dan layak untuk ditinggali oleh pendeta yang akan melayani di Gereja ini, agar pendeta juga dapat memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat, oleh karena itu tadi telah kita adakan peletakan batu pertama dan pada kesempatan ini saya menyampaikan terimakasih kepada pemilik hak ulayat tanah yang telah menyampaikan sikapnya untuk memberikan hak ulayat tanah guna pembangunan rumah pastori”.

Bupati juga menyarankan agar rumah yang akan dibangun tersebut memiliki lebih dari satu ruang tidur, hal ini disarankan agar jika sewaktu-waktu ada tamu baik dari pengurus Gereja maupun pemerintah dapat tinggal juga dirumah tersebut.

Tidak lupa Bupati juga mengajak masyarakat untuk menjaga hutan dan laut, dimana Bupati, Tonny Tesar mengatakan bahawa mari kita menangkap ikan dengan ramah lingkungan yaitu dengan tidak menggunakan bom dan bahan-bahan kimia lain yang dapat merusak ekosistem di laut, karena laut dan hutan ini merupakan potensi kita sehingga mari kita jaga bersama.

Tonny Tesar, S.Sos pun menyampaikan bahwa beliau mendukung pemekaran daerah Kabupaten Kepulauan Yapen oleh karena menurut Tonny jika kita ingin membangun Kabupaten Kepulauan Yapen hanya dengan satu APBD saja maka akan membutuhkan waktu kurang lebih sepuluh (10) – dua puluh (20) tahun lagi, tapi jika kita akan bangun dengan dua hingga tiga APBD maka yang tadinya membutuhkan waktu pembangunan selama dua puluh (20) tahun dapat kita kurangi menjadi lima (5) tahun.

Turut hadir dalam acara peresmian dan pentabisan gedung Gereja baru GKI Patmos Ausem ini Sekretaris Sinode GKI dari Biak, Pdt. Daniel J. Kaigere, dalam sambutanya Pdt. Daniel menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen yang selama ini telah membantu pekerjaan Tuhan lewat pembangunan rumah-rumah Ibadah dan juga pembangunan jalan lingkar Yapen yang dimana keduda hal tersebut telah terbukti sangat membantu masyarakat.

Humas Setda Kabupaten Kepulauan Yapen