the official website of the Kabupaten Kepulauan Yapen
PEMBUKAAN KEGIATAN KONSULTASI PUBLIK STUDI DAMPAK PEMEKARAN WILAYAH TERHADAP PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM DI KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN Previous item APEL PAGI PEMERINTAH... Next item SOSIALISASI PEMASANGAN...

PEMBUKAAN KEGIATAN KONSULTASI PUBLIK STUDI DAMPAK PEMEKARAN WILAYAH TERHADAP PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM DI KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN

Serui – Bertempat di Ruang Rapat Sekretariat Daerah, Asisten II Setda, Gokman Simbolon hadir mewakili Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen untuk membacakan sambutan Bupati pada pembukaan kegiatan konsultasi publik studi dampak pemekaran wilayah terhadap pengelolaan sumber daya alam di Kabupaten Kepulauan Yapen, pada Jumat 10, Mei 2019.

 

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, ”seperti yang kita ketahui bersama bahwa, pemekaran wilayah telah menjadi keinginan sebagian kalangan masyarakat pada era pemberlakuan otonomi daerah saat ini yang diyakini dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Dalam meresponi keinginan masyarakat tersebut, maka pemerintah daerah dan lembaga-lembaga terkait perlu untuk mempelajari dan mengkaji lebih jauh kelayakan dilakukannya pemekaran suatu wilayah, yang tentunya dengan mempertimbangkan berbagai aspek dan dampak yang akan diperoleh, salah satunya dampak terhadap pengelolaan sumber daya alam”.

Lanjut Asisten II Setda dalam membacakan sambutan Bupati, “Kabupaten Kepulauan Yapen memiliki sumber daya alam yang potensial yang bisa kita jadikan sebagai tolak ukur dan kriteria untuk dilakukannya pemekaran wilayah, meskipun demikian, masih ada hal-hal terkait lain yang harus kita perhatikan dalam rangka mengelola sumber daya alam yang ada agar selain dapat memberi manfaat bagi masyarakat tapi juga terproteksi dan tetap terjaga untuk jangka waktu yang lama”.

Pada akhir sambutanya Bupati menyampaikan terimakasih kepada Lembaga Pengkajian Dan Penguatan Kapasitas Provinsi Papua dan menghimbau agar apa yang di peroleh pada kegiatan  ini, dapat selanjutnya di sosialisasikan kepada masyarakat agar mereka memahami dengan baik dampak dari pemekaran wilayah terhadap sumber daya alam di Kabupaten Kepulauan Yapen.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama IUCN, Yayasan Anak Dusun, LEKAT dan pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen.

Humas Setda. Kabupaten Kepulauan Yapen

Photo oleh  : Marvin Raubaba