the official website of the Kabupaten Kepulauan Yapen
BUPATI KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN MENANGGAPI LAPORAN PANDANGAN UMUM BADAN ANGGARAN DAN KOMISI KOMISI DPRD TERHADAP RANCANGAN APBD TAHUN 2019. Previous item PERESMIAN GEDUNG GEREJA... Next item PEMBUKAAN RAPAT PARIPURNA...

BUPATI KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN MENANGGAPI LAPORAN PANDANGAN UMUM BADAN ANGGARAN DAN KOMISI KOMISI DPRD TERHADAP RANCANGAN APBD TAHUN 2019.

Memasuki pleno ke III dengan agenda tanggapan Bupati Kabupaten kepulauan Yapen terhadap laporan pandangan umum badan anggaran dan komisi-komisi DPRD Kabupaten kepulauan Yapen tentang rancangan APBD Kabupaten kepulauan Yapen tahun anggaran 2019, yang mana menyetujui rancangan Apbd Kabupaten kepulauan Yapen tahun 2019.

Selaku Bupati Kabupaten kepulauan Yapen, Tonny Tesar S.sos sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Badan Anggaran dan Komisi-komisi dimana semua saran yang disampaikan dalam rangka peningkatan pendapatan asli daerah, kemudahan perijinan daerah, pengelolah kekayaan daerah yang di pisahkan dan memaksimalkan peran perusahaan daerah untuk menambah pendapatan asli daerah, yang mana akan menjadi perhatian Pemerintah Daerah kedepan.

Sedangkan harapan Badan Anggaran agar ASN memiliki kinerja yang makin baik, dalam pidatonya juga Bupati menjelaskan perihal peningkatan kesejahteraan masyarakat merupakan muara akhir dari pelayanan publik yang baik, sehingga kinerja ASN terus perlu ditingkatkan, demikian juga bantuan keuangan kepada Pemerintah Kampung agar diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Pemerintah Daerah juga akan mengupayakan agar dana bantuan kampung dikelola secara transparan Efektif dan efisien. Untuk Inventarisasi aset seperti kendaraan dinas, perlengkapan kantor dan lainnya, Pemerintah Daerah telah melakukan audit manajemen aset oleh BPK Perwakilan Provinsi Papua dan menyusun rencana aksi tindak lanjut rekomendasi BPK yang akan dilakukan pada tahun 2019.

Untuk tanggapan pinjaman daerah, dimana kita ketahui bersama akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur agar dapat terbukanya aksesibilitas dan keterisolasiaan daerah, guna mendukung pertumbuhan ekonomi dan memberikan manfaat ekonomi sosial bagi masyarakat, namun upaya percepatan pembagunan akan sangat sulit dilakukan dalam kurun waktu yang singkat, sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut Pemerintah Daerah perlu mengupayakan alternatif pendanaan melalui pinjaman daerah dan digunakan untuk menutup defisit APBD.

Selanjutnya dalam tanggapan Bupati tentang tanggapan umum, dimana Komisi A menyoroti tentang Dana Kampung, Pemekaran 18 Kampung, dana operasional Pemerintah Kelurahan.  sedangkan saran Komisi B menyoroti sistem pendapatan asli daerah dan langkah yang diambil adalah melakukan ekstensifikasi dan Permintaan Komisi C meminta Pemerintah Daerah perlu menyediakan dana untuk studi banding bagi guru-guru, pembangunan gedung sekolah di YPK karawi  ,SD Mantembu dan Famboaman, yang mana semuanya itu sudah dimasukan dalam anggaran tahun 2019. Permasalahan lainnya adalah pembangunan Pustu Mambo juga peningkatan Pustu Ambaidiru menjadi Puskesmas dan ini akan menjadi perhatian kedepan Pemerintah Daerah kedepan. Pada akhir tanggapannya, Bupati membahas seputar upah buruh kebersihan yang mana pun juga akan menjadi perhatian kedepannya.

 

Chika Numberi