the official website of the Kabupaten Kepulauan Yapen
PELATIHAN APLIKASI SISTEM KEUANGAN BAGI KEPALA KAMPUNG DAN BENDAHARA KAMPUNG KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN Previous item PEMBUKAAN DIKLAT... Next item BERSIH-BERSIH PULAU AIWAI...

PELATIHAN APLIKASI SISTEM KEUANGAN BAGI KEPALA KAMPUNG DAN BENDAHARA KAMPUNG KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN

Serui 23/07 2018

Bertempat di gedung Silas Papare serui jalan irian Kepulauan Yapen di hadiri kepala kampung dan Bendahara kampung dari 160 kampung di Kabupaten Kepulauan Yapen mengikuti kegiatan pelatihan aplikasi sistem keuangan desa SISKEUDES. Kegiatan pelatihan Ini diselengarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Kepulauan Yapen.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen hadir sekaligus membuka dengan resmi jalannya kegiatan pelatihan ini dalam sambutannya, Alexander Nussy, Mm sangat mengapresiasi kegiataan ini serta mengucapakan trimakasih kepada Kepala Kampung dan juga Bendahara Kampung yang selama ini sudah bekerja dengan baik Juga kepada Kepala Distrik yang telah membina dan mengarahkan Kepala kampung dalam melaksanakan tugas.

Ditambahakan Sekda Kabupaten Kepulauan Yapen UU. No 6 tahun 2014 tentang Desa,  desa/kampung di berikan kesempatan seluas-luasnya untuk mengelolah pemerintahannya, termasuk mengelolah keuangannya serta melaksanakan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa, implementasi tersebut juga tertuang dalam PPJM Nasional 2015-2019 yaitu membangun Indonesia dari pinggiran.

Dalam APBD dan APBM telah dialokasikan dana desa, sejak tahun angaran 2015 dan semakin tahun terus bertambah, dikatakan Alexander Nussy, berkaitan dengan RPJMD  serta alokasi dana dalam APBM tahun angaran 2015 maka pemerintah desa/kampung diharapkan untuk lebih mandiri dalam mengelola keuangan desa serta mampu memanfaatkan berbagai sumber daya alam, selain itu juga bisa menerapkan prinsip transparansi dalam akuntabilitas, mengingat dalam pengelolaan keuangan desa pemerintah kampung di tuntut untuk memberikan beberap Laporan-Laporan.

Alexander Nussy, Mm juga mengatakan kepada para kepala kampung dan juga kepada para bendahara kampung bahwa saat ini kita sudah didalam sistim yaitu mulai dari perencanaan, pengangaran,pelaksanaan hingga pertangung jawaban harus tepat, sehingga pemerintah daerah dan pemerintah kampung dapat terjauh dari adanya korupsi mengingat beberapa waktu lalu tim KPK melaksanakan evaluasi di Kabupaten Kepulauan Yapen dan salah satu topik menyangkut pengelolaan dana kampung.

Diakhir sambutannya Alexander Nussy, Mm mengucapkan trimakasih kepada semua pihak yang terus bekerja dengan baik dalam pemerintahan ini sehingga Kabupaten Kepulauan Yapen masih dipercayakan dan diberikan opini dari BPK yaitu Wajar Tanpa Pengecualian, serta berharap dalam kegiatan ini para peserta harus tekun mengikuti secara Baik dan harus mempunyai rencana Kedepan.

Chika Numberi (Photo by Given)