the oficial website of the Kabupaten Kepulauan Yapen
PENTAS SENI DAN BUDAYA SD PGRI, DAWAI, SERUI, KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN Previous item PENYERAHAN SERTIFIKAT... Next item OLAHRAGA SEPEDA TOUR, KAMANAP

PENTAS SENI DAN BUDAYA SD PGRI, DAWAI, SERUI, KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN

Kabupaten Kepulauan Yapen adalah kabupaten yang sarat akan potensi budaya daerah, yang seperti telah kita ketahui ada 7 suku dengan kearifan lokal masing-masing, disamping itu terdapat pula kepemilikan potensi budaya Nusantara yang juga hidup bertumbuh dan berkembang dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara serta mempunyai nilai tambah dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Yapen, demikian dikatakan Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen yang menghadiri pentas seni dan budaya yang diselengarakan oleh Sd PGRI Dawai di gedung Silas Papar,  Serui. Kegiatan ini dilaksanakan agar generasi penerus bangsa mengenal, mencintai dan menerapkan nilai-nilai budaya yang telah diwariskan oleh para leluhur serta berupaya menjaga dan mempertahankan nilai-nilai budaya agar tidak ditelan oleh pesatnya perkembangan dan kemajuan jaman era globalisasi dewasa ini.
Diatas pundak kalangan pecinta dan pemerhati budaya daerah ini, kegiatan ini di pandang positif agar pelestarian nilai budaya dapat terwujud dengan adanya even-even seperti ini. Tonny Tesar S.sos selaku Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen berharap pentas seni budaya yang diselengarakan Sd PGRI Dawai bisa menjadi ajang yang menunjukan keindahan dan keunikan suku budaya yang berada di daerah masing-masing agar semakin di kenal dan dicintai. Dalam kesempatan yang sama kepala dinas pendidikan Kabupaten Kepulauan Yapen Saskar Paiderow S.pd, Ma, dalam sambutanya beliau mengatakan pentas seni dan budaya ini penting sebagai pengembangan diri bagi anak didik disekolah. Sebelum melaksanakan pentas seni dan budaya di serui Sd PGRI sudah melaksanakan pentas yang sama di Smp Dawai dan ditonton oleh masyarakat Dawai serta kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka merayakan Hari Kartini di isi dengan berbagai kegiatan dan puncaknya diselengarakan Pentas Seni Dan Budaya di gedung Knpi serui pada tanggal 23 April 2018. Ada dua tujuan utama yang pertama pengembangan diri dan pembentukan karakter yang ke dua nilai nilai karakter bangsa, Saskar Paiderow juga mengatakan Sd PGRI Dawai adalah sekolah baru yang berusia tujuh tahun dan memilik program utama yaitu Generasi Sekolah. Dalam Kegiatan ini juga di isi dengan donasi literasi atau aksi donasi buku untuk pengembangan minat baca siswa Sd PGRI Dawai dan juga agar pemenuhan buku pada perpustakaan sekolah.

Chika Numberi (Photo by Chika)