Kepulauan Yapen – Penjabat Bupati Kabupaten kepulauan yapen Welliam R. Manderi, S.IP,.M.Si membuka secara resmi kegiatan orientasi tugas dan fungsi Taruna Siaga Bencana ( Tagana ) yang bertempat di Gedung KNPI Kepulauan Yapen pada Jum’at, 17/11/2023.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Welliam R Manderi menyambut baik kegiatan tersebut sebagai upaya guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman bagi para anggota Tagana Kepulauan Yapen.

Sebagaimana Tagana tentang tugas dan fungsi sebagaimana yang termuat dalam peraturan Menteri Sosial RI Nomor 28 tahun 2012 tentang pedoman umum Taruna.

Tagana siaga bencana dan juga berdasarkan peraturan menteri sosial nomor 29 tahun 2012 tentang tugas Tagana yaitu membantu pemerintah dan pemerintah daerah dalam melaksanakan penanggulangan bencana baik pada saat bencana, saat tanggap darurat maupun saat pasca bencana.

Ia berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik sehingga Materi – materi yang diberikan dapat menambah pemahaman terhadap tugas dan fungsi Tagana serta mampu diaktualisasikan di Tengah – tengah kehidupan.

” Saya berharap para peserta menambah pemahaman terhadap tugas dan fungsi tagana.”

Welliam R Manderi juga meminta perhatian pimpinan OPD terkait terhadap keberadaan Tagana di kabupaten kepulauan yapen dan fungsinya mengigat kabupaten kepulauan yapen merupakan salah satu daerah rawan bencana. (*)