Serui – Ketua DPRD kabupaten Kepulauan Yapen, Yohanes G Raubaba S.Sos, membantah adanya dinamika menyangkut penetapan APBD Kepulauan Yapen Tahun 2023, Ia mengatakan APBD telah ditetapkan . Hal tersebut diungkapkan oleh ketua DPRD kabupaten Kepulauan Yapen saat melakukan konfrensi pers di ruang rapat setda terkait adanya isu perbedaan pendapat pada penetapan APBD 2023 di pemerintahan daerah kabupaten Kepulauan Yapen. Selasa, 20 Juni 2023.

Yohanes Raubaba menjelaskan bahwa Kesepakatan tersebut telah dibahas dengan dilandasi PP nomor 12 Tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah, permendagri 77 tahun 2020 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah, serta permendagri no 84 tahun 2022 tentang pedoman teknis penyusunan APBD tahun 2023.

” Sudah SAH dan tidak ada hambatan terkait penetapan APBD 2023, kami pun meminta agar proses keuangan di OPD OPD dapat berjalan dengan peraturan yang berlaku, program juga harus dijalankan, ” Jelasnya

Ia juga menegaskan Legislatif dan Eksekutif terus bergandengan dan bersinergi dalam membangun kabupaten Kepulauan Yapen. Terlebih untuk kepentingan bersama serta mensukseskan program pemerintah daerah untuk kesejahteraan seluruh element di Kepulauan Yapen.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Penjabat Bupati Kepulauan Yapen, Wakil Ketua I , dan II DPRD Kepulauan Yapen, Sekretaris Daerah, Kepala Badan keuangan, Asisten I dan III sekda, serta Kabag Hukum Setda.