Serui – Panitia hari besar Islam kabupaten kepulauan Yapen menggelar Kegiatan Takbir Keliling dalam rangka Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 H Tahun 2022. H. Heri Setiawan selaku wakil ketua 1 PHBI kepulauan Yapen mengatakan bahwa PHBI tahun ini menyelenggarakan 2 kegiatan antara lain sholat idul adha dan takbir keliling.

H. Heri Setiawan, SE – Wakil Ketua 1 PHBI Kepulauan Yapen

Sebagaimana diketahui bahwa saat ini PHBI ada sedikit usaha berkaitan dengan keputusan kementrian agama dimana sholat id jatuh pada tanggal 1 tetapi berdasarkan sidang isbat sholat Idul Adha jatuh pada Minggu, 10/07/2022 sehingga dilakukan Koordinasi ke beberapa pihak.

Ditambahkan nya bahwa Masyarakat di Papua mayoritas Kristen sehingga umat muslim harus menyesuaikan untuk ibadah bersama sama maka sholat idul adha yang sedianya dilakukan di alun alun kota Serui tahun ini dipindahkan ke lapangan Sapta marga kodim 1709 Yawa.

Tahun ini sholat id dilakukan dibeberapa titik, antara lain:

  1. lapangan Sapta Marga kodim 1709 Yawa.
  2. Masjid Al Hikmah Panduami.
  3. Masjid menawi.
  4. lapas Serui, dan
  5. Masjid Dawai.

Tahun ini juga PHBI juga mengutus beberapa ustad untuk memimpin sholat id ujarnya. Heri Setiawan menyebutkan bahwa Berdasarkan laporan terakhir dari masing-masing masjid tentang hewan Qurban ada 106 ekor sapi, dan 2 ekor kambing dan akan di potong di 11 titik. Tentunya selaku pengurus merasa bangga karena tahun ini adalah yang terbanyak. Dirinya menjelaskan juga bahwa Ada 751 orang yang ikut ber qurban.

Tonny Tesar, S.Sos – Bupati Kepulauan Yapen

Sementara itu Bupati Tonny Tesar, S.Sos Sebelum Melepaskan Takbir keliling pada sambutan tunggalnya menyampaikan bahwa pemerintah daerah memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana dan seluruh tokoh agama yang telah merencanakan kegiatan takbir ini. Dan Takbir ini bisa dimaknai arti idul adha sendiri.

Takbir ini diharapkan bisa menjaga ketentraman dan kebersamaan ini sehingga sholat idul adha bisa berjalan dengan baik.

Foto : Andrew Woria