Serui – Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi Papua mulai melaksanakan Audit Terinci APBD 2021 di Yapen, dimana pada hari pertama melakukan pertemuan dengan Pemerintah Daerah yang berlangsung di Gedung Silas Papare Serui, 04/04/2022 serta dihadiri oleh pimpinan OPD beserta  seluruh bendahara Pengeluaran.

Asisten III Administrasi Umum Sekda mewakili Wakil Bupati Frans Sanadi mengatakan bahwa Audit Terperinci ini akan berlangsung selama 27 hari di Serui dan meminta agar Pimpinan OPD serta Bendahara Pengeluaran secara pro aktif bisa memberikan informasi maupun data yang di minta karena hasil audit ini akan sangat mempengaruhi opini nantinya.

arahan Asisten III Sekda Mewakili Pemerintah Daerah

 

Tak hanya itu agar bisa lebih maksimal membantu dan diharapkan lewat audit ini dapat Menghasilkan catatan yang sesuai dengan kondisi yang sebenarnya terjadi di daerah sehingga selama pemeriksaan Terinci, maka semua pimpinan OPD diharapkan tidak keluar daerah. Sementara itu ditambahkan Andrea Purnomo selaku Pengendali Teknis dari Tim Audit BPK Perwakilan Papua dalam penyampaian nya menjelaskan  tim nya terdiri 8 orang  yang akan melaksanakan tugas di Yapen serta mengingatkan kepada pimpinan OPD dan bendahara pengeluaran Agar segera mengumpulkan bukti pembayaran sehingga bisa dilengkapi karena tahap  ini akan pihaknya memeriksa belanja dengan terinci, sehingga apabila tidak dipertanggungjawabkan maka akan menjadi catatan.

Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen

kepada OPD yang memiliki pendapatan diharapkan untuk bisa menyiapkan rincian rincian pendapatan. Karena banyak hal hal yang harus dibuat lebih rinci lagi sehingga Output dari pemeriksaan laporan keuangan ini adalah rekomendasi BKP yang ujungnya adalah OPINI ungkapnya “Yang sebenarnya diperiksa adalah pemerintah daerah yang mengelola keuangan, sehingga OPD yang menggunakan pihak ke III juga diharapkan mempersiapkan pihak ke III” ujarnya BPK juga meminta agar OPD  memperhatikan 3 hal ini antara lain :

1. Dokumen yang berkaitan dengan SPJ

2. Khusus untuk Pendapat, disiapkan rincian rincian pendapatan

3. Menyiapkan orang yang dipanggil oleh BPK dan orang yang mengerti yang bisa menjawab serta  mempersiapkan pihak pihak ke III yang bisa dipanggil.