Bupati Tonny Tesar meresmikan Penggunaan PLN  di Sasawa dan Kanawa, peresmian listrik ini berlangsung di kampung sasawa distrik Yapen Barat pada hari Sabtu, 12/03/2022.

Dalam Laparon Kepala Distrik Yapen Barat, Chris Padawan mengatakan bahwa  untuk peresmian listrik di sasawa menggunakan dana kampung sebanyak 3 tahap, tahap 1 sebesar 87 juta untuk instalasi di rumah rumah, tahap ke 2 sebesar 40 juta serta tahap ke 3 sebesar 48 juta.  Untuk Kampung Kanawa ada 65 Kepala Keluarga yang menerima dana kampung, karena dana yang diberikan oleh Pemerintah Pusat cukup besar sehingga menurut nya harus di intervensi maka bisa diresmikan.

Dirinya berharap agar tahun ini PLN bisa sampai di toweta dan natabui.  Tak hanya itu Ada 14 rumah yang dibangun juga menggunakan dana kampung yang juga akan diresmikan oleh Bupati Tonny Tesar dikesempatan tersebut, Chris berharap agar kepala kampung lainnya bisa termotivasi untuk menerangkan lampu bagi masyarakat nya.

Sementara itu pada sambutan Manager UP3 Biak, Yakomina marthafina windesiati senandi  mengatakan bahwa misi PLN adalah untuk menerangi bangsa Indonesia, sementara untuk Distrik Yapen Barat menggunakan sistim yang dipakai dari kota Serui sehingga menyala 24 jam.  Untuk sasawa ada 55 pelanggan, sementara Kanawa ada 65 pelanggan. UP3 ini membawahi 5 kabupaten mulai biak, Supiori, Kepulauan Yapen, Waropen, dan Mamberamo Raya Serta saat ini mencapai 97.5 elektrik masih tersisa 14 desa lagi yang harus diterangi di tahun ini menggunakan PMN atau Penyertaan Modal Negara, sementara untuk Papuma, hingga Ansus masih menjadi PR bagi pihaknya.

Bupati Tonny Tesar dikesempatan kali ini mengucapkan terimakasih kepada pihak PLN yang telah merespon aspirasi masyarakat di Yapen Barat. Dijelaskan Bupati bahwa sejak kabupaten berdiri 53 Tahun, sementara republik Indonesia sudah 76 tahun merdeka tetapi baru hari ini bisa merasakan listrik menyala di kampung ini. Ini adalah komitmen pimpinan daerah dan yang ada di kampung Kampung.

Dirinya mengajak masyarakat di sasawa dan Kanawa untuk dapat membangun kampung agar masyarakat sejahtera, dirinya meminta agar kepala kampung dapat menggunakan dana kampung untuk kebutuhan masyarakat, bukan keinginan kepala kampung. Dirinya berterima kasih juga kepada kepala kampung atas kebijakan yang diambil. Terkait jalan dirinya juga berjanji akan melakukan penyelesaian pengerjaan hingga ke kampung Papua.