Reporter : Andrew Woria

Kontinai – Kesbangpol gelar sosialisasi bimbingan politik tahun 2021 yang berlangsung di distrik Yawakukat. Sosialisasi Bimbingan Politik ini bertujuan untuk membangun pendidikan etika budaya politik dalam kehidupan berdemokrasi serta menambah wawasan bagi masyarakat tentang kehidupan berdemokrasi, budaya dan etika politik secara khusus di distrik Yawakukat. Kegiatan kali ini dihadiri oleh peserta yang terdiri dari aparat Kampung, ASN di lingkungan pemerintah distrik Yawakukat, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh masyarakat

Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi terpantau hadir serta membuka secara resmi kegiatan sosialisasi bimbingan politik. Dalam sosialisasi ini akan membahas tentang Kebijakan di Bidang Politik, etika Budaya Politik, Peningkatan Demokrasi, Fasilitas Kelembagaan Pemerintah, Perwakilan dan Partai Politik, Pemilukada serta pemantauan situasi politik daerah. Wabup Frans juga mengajak masyarakat di Yawakukat untuk menyambut dan mengikuti kegiatan ini guna menambah wawasan tentang kebijakan berpolitik. Hal ini menjadi penting agar dalam implementasi nya dapat di ikuti dengan baik. Wabup menyebutkan bahwa untuk membangun karakter dan etika  anak bangsa Yang menghargai nilai nilai demokrasi, serta berpartisipasi dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat tak terlepas dari pemahaman politik yang baik dan benar.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Kepulauan Yapen, Sonny Arnold Woria kepada kepyapenkab.go.id menjelaskan bahwa pemberian bimbingan politik yang baik dapat mengurangi tingkat kesalah pahaman di lapangan sehingga masyarakat dapat menggunakan hak politik nya secara baik, menyalurkan nya dengan baik dan tepat. Materi yang diberikan berasal dari Kodim 1709 Yawa, dari KPUD Kabupaten Kepulauan Yapen, Dari Kesbangpol  yang tidak terlepas dari wawasan kebangsaan.

(Foto dan Video : Andrew Woria)