Jembatan Siwiri / Repapeip di Kampung Warironi Waita Distrik Teluk Ampimoi akhirnya Diresmikan.

Reporter : Andrew Woria

Waita – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen melakukan peresmian jembatan Repapeip di kampung Warironi Waita Distrik Teluk Ampimoi,  Rabu, 08/09/2021. Dalam laporannya Dinas PUPR Kabupaten Yapen menjelaskan Jabatan Repapeip ini dibangun dengan rangka baja, dengan kedalam 24-25 meter, serta memakan biaya sebesar Rp. 14.413.680.000,-  oleh PT Pratama Sinar Papua yang dimulai pada bulan Oktober 2020 dan selesai pada Agustus 2021 jembatan ini dibangun dengan bentangan 40 Meter dengan sumber dana pinjaman daerah. Hal ini adalah komitmen dari Bupati dan jajarannya sehingga bisa memperoleh dana pinjaman di PT.Sarana Multi Infrastruktur.

Sementara dalam sambutannya Direksi PT. SMI yang disampaikan oleh Eri Hartoto selaku Tim Leader Pembiayaan Daerah menjelaskan bahwa pihaknya berterima kasih karena masyarakat dapat bersinergi sehingga pelaksanaan pembangunan jembatan ini bisa berjalan. PT. SMI adalah BUMN dibawah kementrian keuangan yang ditugasi untuk membantu pembangunan di daerah dengan mekanisme pinjaman daerah. Pihaknya bangga karena bisa terlibat dalamlnnkll pembangunan di Yapen dan diharapkan bisa ditingkatkan di sektor lain nya.

Sementara itu Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos dalam sambutannya mengatakan bahwa jembatan ini dibiayai oleh Pinjaman Daerah oleh PT.SMI , Pemerintah Daerah juga memberikan apresiasi atas dukungan Pimpinan DPRD Kepulauan Yapen atas dukungan untuk bisa melakukan pinjaman daerah guna membangun Kabupaten Kepulauan Yapen, termasuk pembangunan 2 Jembatan baik di sumboi maupun di Repapeip. Dirinya berterima kasih juga kepada Forkompinda atas pelaksanaan pembangunan.

Dari total pinjaman, telah terealisasi 2 jembatan dan diharapkan ke depan nya bisa direalisasikan yang sisa guna pengaspalan. Bupati Tonny pun meminta dukungan dari pemerintah pusat serta kepada jajaran Direksi PT.SMI. pinjaman ini merupakan terobosan pemerintah pusat berupa fasilitas pembangunan daerah melalui pinjaman daerah dengan bunga kecil dibank dengan syarat syarat. Artinya bahwa pemerintah harus mengelola keuangan dengan benar baru bisa melakukan pinjaman, sehingga patut disyukuri karena pemerintah daerah telah 6 kali mendapat kan wtp dari BPK dan bisa memenuhi syarat ujarnya.

Bupati Tonny Tesar menyampaikan bahwa pinjaman daerah ini akan dibayar bertahap dalam APBD dalam 5 Tahun kedepan dan 8 Tahun kedepan, karena pinjaman ini murni untuk masyarakat jadi harus sama-sama mengkawal pengembalian cicilan kepada PT.SMI harus ditepati dengan yang ditandatangani. Jembatan ini mempunyai nilai yang sangat strategis ujarnya.

Dirinya menyampaikan juga kepada masyarakat agar bersama sama menjaga dan merawat sehingga dapat memberikan manfaat panjang bagi masyarakat di kepulauan Yapen. Bupati juga berterima kasih kepada warga masyarakat yang membantu warga lain untuk menyeberang menggunakan rakit di lokais jembatan Repapeip.

Pembangunan ini bertahap sehingga Bupati berharap warga tidak harus cemburu satu sama lain.

(Foto dan Video : Robby Mesak)

Leave a Reply