Reporter : Andrew Woria

Serui – Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 02 Mei 2021 diperingati lewat apel gabungan yang berlangsung di lapangan alun alun Trikora Serui pada senin, 03 Mei 2021. Dalam apel ini, dihadiri secara langsung oleh wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA., yang bertindak sebagai Pembina Apel.

Wakil Bupati Frans pada kesempatan kali ini kembali membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi Republik indonesia, Nadiem Anwar Makarim dimana ia menginginkan agar anak anak Indonesia menjadi pelajar yang menggenggam teguh  filsafah Pancasila, pelajar yang merdeka sepanjang hayatnya dan pelajar yang mampu menyongsong masa depan dengan percaya diri. Ada 4 upaya yang dilakukan oleh kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi Republik indonesia antara lain, perbaikan pada infrastruktur dan teknologi. kedua perbaikan kebijakan, prosedur dan pendanaan serta pemberian otonomi lebih bagi Satuan pendidikan, ketiga Perbaikan Kepemimpinan, Masyarakat dan Budaya, dan Ke empat Adalah perbaikan kurikulum pedagogi dan asesmen. Dirinya berterima kasih juga kepada program merdeka belajar yang dapat menyasar masyarakat di Indonesia.

Di tambahkan Wakil Bupati Frans Sanadi bahwa  pendidikan ini memegang peranan yang sangat penting oleh sebab itu di hari ulang tahun pendidikan yang diaksanakan di tanggal 3 ini, memberikan makna kepada seluruh bangsa Indonesia bahwa tema pendidikan nasional itu adalah SDM unggul, Indonesia maju. Oleh sebab itu SDM menjadi salah satu faktor penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara terutama di dunia pendidikan dan lebih lanjut dari itu adalah merdeka belajar bagi seluruh anak-anak  terutama mulai dari anak PAUD, SD SMP dan sampai pada tingkat perguruan tinggi.

Wabup Frans menyebutkan bahwa kesan Menteri Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi Republik indonesia Dalam sambutan tertulis yang dibacakan bahwa menjadi salah satu tantangan utama bagi pembangunan di Indonesia sehingga tema sentral SDM maju atau SDM unggul Indonesia maju itu menjadi tugas bagi seluruh masyarakat Indonesia termasuk di Kepulauan Yapen, walaupun tidak pungkiri masih ada keterbatasan baik dari sumber daya manusia pendidikan itu sendiri tapi juga dalam ketersediaan sarana prasarana pendukung, namun semua itu tetap menjadi komitmen bahwa apa yang menjadi cita-cita besar bangsa Indonesia yaitu SDM unggul Indonesia maju juga merupakan komitmen di Kabupaten Kepulauan Yapen yang terus-menerus diingkatkan.

(Foto : Andrew Woria)