Reporter : Andrew Woria

Serui – Penantian Panjang yang dinanti-nantikan oleh lulusan Calon Pegawai Negeri Sipil Formasi Tahun 2018 di Kabupaten Kepulauan Yapen, akhirnya terjawab setelah pada senin, 01/03/2021 di lapangan alun-alun Trikora Serui, para CPNS 2018 ini menerima SK CPNS yang diserahkan langsung oleh Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos. dimana diserahkan SK sebanyak 279 CPNS dengan Rincian Rekapitulasi:

1. Formasi Guru  Golongan III/a : 135 Orang

2. Formasi Tenaga Kesehatan Golongan III/b : 14 Orang, Golongan III/a : 31 Orang, Golongan II/c : 48 Orang

3. Formasi Tenaga Teknis Golongan III/a : 46 Orang, Golongan II/c. Para CPNS ini akan ditempatkan di sejumlah Distrik diantaranya adalah :

Distrik Poom 9 orang
Distrik pulau Kurudu 17 Orang
Distrik Raimbawi 14 Orang
Distrik Ampimoi 7 Orang
Distrik Yapen Barat 17 Orang
Distrik Kepulauan Ambai 5
Distrik Yapen Selatan 95 Orang
Distrik Yapen Timur 39 Orang
Distrik Yawakukat 2 Orang
Distrik Wonawa 6 Orang
Distrik Yapen utara 2 Orang
Serta Distrik Kosiwo 4 Orang

Dalam apel ini juga dibacakan dan diserahkan SK kenaikan pangkat periode April 2020, dengan total berkas pengusulan sebanyak 382 berkas serta dinyatakan memenuhi syarat sebanayak 357 ASN antara lain :

• Golongan IV = 34 Orang yang terdiri dari:
   Golongan IV/c : 1 Orang
   Golongan IV/b : 19 Orang
   Golongan IV/a : 14 Orang

• Golongan III = 217 Orang yang terdiri dari:
   Golongan III/d : 73 Orang
   Golongan III/c : 69 Orang
   Golongan III/b : 41 Orang
   Golongan III/a : 34 Orang

• Golongan II = 86 Orang yang terdiri dari
   Golongan II/d : 34 Orang
   Golongan II/c : 7 Orang
   Golongan II/b : 42 Orang
   Golongan II/a : 3 Orang

• Golongan I
   Golongan I/d : 13 Orang
   Golongan I/c : 2 Orang
   Golongan I/ : 5 Orang.

Bupati Tonny dalam sambutannya mengatakan bahwa ia berterima kasih atas koordinasi yang terjalin baik dimana selama keberadaannya di luar daerah sehingga sekarang tugas penting yang harus didahulukan agar bisa berjalannya roda pemerintahan serta pelayanan bagi masyarakat meskipun di tahun ini  mengalami keterlambatan pelaksanaan APBD tahun 2021 namun Bupati meminta agar hal ini bisa dipahami dan disikapi dengan baik sebagai dampak dari perubahan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Tak hanya itu Bupati juga memberikan pesan kepada para CPNS yang menerima SK, agar selalu disiplin serta memberikan loyalitas dan ketekunan dalam menjalankan tugas yang diberikan, baik sebagai guru tenaga kesehatan maupun tenaga teknis. Selain itu juga, Pemerintah Daerah telah siap untuk membayar Gaji. Sedangkan untuk 357 ASN yang menerima SK Kenaikan Pangkat periode April 2020, agar lebih rajin masuk, lebih giat dalam bekerja, lebih dewasa dalam berpikir dan menjadi teladan dalam bertugas.

(Foto dan Video : Robby Mesak)